test

News

Rabu, 26 Mei 2021 12:05 WIB

DKM Masjid Raya Kota Bogor Siap Gelar Sholat Gerhana Malam Ini

Editor: Ferro Maulana

Sholat gerhana. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Kota Bogor, Jawa Barat siap menggelar sholat gerhana, pada Rabu (26/5/2021) malam.

Adapun sholat berjamaah dilakukan bersamaan dengan fenomena gerhana bulan total yang akan muncul di langit Indonesia malam nanti.

Ketua DKM Masjid Raya Kota Bogor, Ahmad Fathoni menerangkan, sholat gerhana bulan dihelat sekira pukul 18.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tokoh yang ditunjuk sebagai imam sholat gerhana bulan yaitu KH Asep Fakhruroji dan khotib Dr Ade Sarmili.

"Tema khotbah yaitu tentang bagaimana kaum muslimin dapat menjadikan fenomena alam ini sebagai ikhtiar memperbaiki kualitas ibadah. Baik yang menyangkut hubungan manusia dengan Allah SWT maupun hubungan manusia dengan lingkungan sekitar," ujar Fathoni di Bogor, Jabar, Rabu (26/5/2021).

Di samping itu, dirinya kembali mengimbau keutamaan fenomena gerhana bulan ini yakni bagaimana manusia mensyukuri atas kekuasaan Allah SWT dengan segala ciptaan serta ketentuannya.

"Ibadah itu disertai dengan bertobat di samping merenungi kebesaran Allah SWT. Karena sudah selayaknya manusia sebagai abdi (hamba) Allah SWT mendekatkan diri dengan banyak beribadah," jelasnya menambahkan.

Namun demikian, pelaksanaan ibadah sholat gerhana bulan di Masjid Raya Bogor ini tetap akan dilaksanakan dengan prokes yang ketat.

"Bagi masyarakat yang hendak mengikuti pelaksanaan sholat gerhana dan khotbah, bisa menyaksikan di channel YouTube DKM Masjid Raya Kota Bogor di @Masjid Raya Official," pungkasnya.

BERITA TERKAIT