test

News

Rabu, 12 Mei 2021 15:24 WIB

Tinjau Bandara Soetta, Kapolri Temukan Celah di Kedatangan Penumpang

Editor: Hadi Ismanto

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Bandara Soekarno Hatta. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut masih menemukan adanya celah yang bisa saja dilanggar penumpang yang baru tiba dari kedatangan luar negeri di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolri saat meninjau Bandara Internasional Soekarno Hatta bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua DPR Puan Maharani dan sejumlah pejabat lain, Rabu (12/5/2021).

"Jadi khusus dari luar negeri, saya lihat masih ada satu celah. Rekan-rekan, saya minta diperkuat," ujar Kapolri Sigit seusai meninjau Terminal 3 Bandara Soetta.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Bandara Soekarno Hatta. (Foto: PMJ News).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Bandara Soekarno Hatta. (Foto: PMJ News).

Menurut Sigit, celah tersebut pada saat kedatangan dan pengecekan PCR. Untuk itu, dia meminta ada personel kepolisian yang ditambah untuk pengecekan ulang dokumen sesuai dengan Surat Edaran yang berlaku.

Pengecekan ulang kembali, lanjut dia, khususnya pada saat setelah pengecekan suhu menggunakan termometer. Apabila didapati suhu di atas normal segera dilakukan swab antigen.

"Lalu pastikan mereka sudah vaksin atau belum, karena kalau mereka belum vaksin, ada kemungkinan mereka berpotensi jadi carier," ucapnya.

Untuk memastikan agar penumpang kedatangan luar negeri baik WNA atau WNI sampai di lokasi karantina, Kapolri memerintahkan agar Kapolresta Bandara Soetta menambah personel untuk ikut mengantar hingga ke lokasi karantina.

"Terkait proses karantina, tidak boleh ada yang lolos, di bus tadi, tolong ada petugasnya. Pada saat mereka start dr bandara sampai di hotel-hotel ditentukan, maka ada petugas yang di dalam," tukasnya.

"Kalaupun Polresta Bandara Soetta kekurangan personel, Kapolri meminta agar berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya atau Mabes Polri untuk penambahan personel," imbuhnya.

BERITA TERKAIT