News

Selasa, 11 Mei 2021 08:10 WIB

Sidang Isbat Digelar Hari Ini, Masyarakat Bisa Akses Link Live Streaming

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Ilustrasi. Sidang isbat dalam menentukan awal bulan Syawal 1442 H.(Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin Sidang Isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1442 H pada hari ini, Selasa (11/5/2021) bertepatan dengan 29 Ramadhan 1442 H.

“Isbat awal syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring,” ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, seperti dikutip dari laman Kemenag.

Dalam pelaksanaannya, Sidang Isbat akan terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 16.45 WIB berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Kemudian sesi kedua setelah Maghrib, Sidang Isbat akan dipimpin Menteri Agama yang diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Karena pelaksanaan sidang isbat kali ini masih dalam situasi pandemi maka tidak semua perwakilan hadir secara fisik di Kemenag.

Sidang Isbat akan terselenggara secara luring atau online dengan live streaming. Selain itu, panitia juga menyiapkan aplikasi zoom meeting untuk peserta sidang maupun media.

Sementara itu, masyarakat juga dapat memantau jalannya Sidang Isbat melalui TVRI dan live streaming di media sosial Kemenag.

Adapun link live streaming yakni:

  • Link TVRI
  • Link live streaming YouTube Kemenag
  • Link live streaming Instagram Kemenag.
  • Link live streaming Facebook Kemenag.

Tempat pemantauan Kemenag akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia.

Untuk wilayah DKI Jakarta rukyatul hilal akan dilaksanakan di: Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7 Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat Pulau Karya Kepulauan Seribu Masjid KH Hasyim Asy’ari Jakarta Barat.

BERITA TERKAIT