test

News

Minggu, 9 Mei 2021 15:36 WIB

DPR Apresiasi Capaian 100 Hari Kerja Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Editor: Hadi Ismanto

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir mengapresiasi kinerja institusi Polri dibawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pasalnya, dalam 100 hari kerja kepemimpinannya sejumlah terobosan atau program yang diluncurkannya memiliki dampak positif yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Sebut saja misalnya program Surat Ijin Mengemudi (SIM) online. Program ini cukup bermanfaat bagi masyarakat karena adanya kemudahan yang dirasakan masyarakat, tidak perlu antre berbondong-bondong dan memutus mata rantai praktek percaloan yang selama ini merugikan masyarakat," puji Adies kepada wartawan, Minggu (9/5/2021).

Selain itu, Ketua Bidang Hukum DPP Partai Golkar itu juga menyampaikan sejumlah program lainnya pun layak diapresiasi. Terobosan tersebut langsung bersentuhan dan dirasakan manfaatnya oleh publik.

"Pendekatan hukum yang digagas pak Kapolri soal restorative justice juga sangat reliable dengan kondisi masyarakat saat ini. Dengan konsep itu, beliau mencoba menempatkan hukum secara humanis," ujar Adies.

"Artinya persoalan hukum tidak bisa hanya dilihat dari sudut pandang salah-benar tapi lebih kepada esensinya. Saya kira ini terobosan yang cukup fundamental yang layak diacungi jempol," sambungnya.

Adapun program kerja Kapolri lainnya yang juga layak diapresiasi, kata dia, adalah terkait penegakan hukum ke dalam institusinya sendiri.

"Beliau sangat tegas sepanjang catatan yang kita miliki. Dimana antara reward and punishment yang diterapkan ke jajarannya cukup proporsional. Misalnya beliau tegas terhadap oknum-oknum polisi yang menyimpang dari tugas pokok dan fungsinya," tuturnya.

Jika melihat capaian-capaian diatas, lanjut dia, maka motto Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi) yang digagas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cukup berhasil.

"Saya kira motto Presisi yang digagas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merupakan capaian yang cukup berhasil karena mampu menyentuh persoalan-persoalan fundamental yang bersinggungan langsung dengan masyarakat," kata Adies.

Terakhir, Adies berharap agar institusi kepolisian ke depannya untuk terus meningkatkan lagi capaian-capaian positif yang sudah dilakukannya.

"Saya optimis jika konsep Presisi yang digagas pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus dijalankan secara konsisten, maka institusi Polri ke depan akan semakin dicintai rakyat," terangnya.

"Sekali lagi jika konsep Presisi ini konsisten dijalankan maka institusi Polri akan menjelma atau bertransformasi menjadi institusi yang sangat dipercaya publik," imbuhnya.

BERITA TERKAIT