test

Kesehatan

Minggu, 9 Mei 2021 13:39 WIB

5 Cara Menjaga Konsentrasi Agar Tetap Fokus Beraktifitas Saat Berpuasa

Editor: Hadi Ismanto

Tips menjaga konsentrasi dan tetap produktif di saat berpuasa. (Foto: PMJ News/Ilustasi).

PMJ NEWS - Kebutuhan akan asupan nutrisi saat puasa yang berkurang dapat menurunkan konsentrasi, baik saat bekerja maupun saat beraktivitas lainnya. Hal ini tentu akan mempengaruhi tingkat produktivitas seseorang.

Namun, hal itu bisa saja disiasati apabila Anda mengetahui cara menjaga konsentrasi saat puasa. Dengan begitu puasa Anda lancar dan produktivitas tetap terjaga.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/5/2021), berikut sejumlah cara menjaga konsentrasi saat puasa.

1. Perhatikan Jam Tidur
Jam tidur malam standar pada manusia umumnya adalah 7-8 jam. Namun hal ini bergantung kepada masing-masing orang. Jadi, sebisa mungkin walaupun di bulan puasa, Anda harus dapat memastikan bahwa tidur malam Anda tercukupi.

Tantangan saat puasa adalah bagaimana Anda bisa mengatur masalah jam tidur malam ini. Karena Anda harus bangun sahur juga sehingga ada baiknya tidak tidur terlalu larut malam.

2. Beristirahat Disela Kegiatan
Dalam menjaga atau bahkan untuk meningkatkan produktivitas kerja bukan berarti Anda harus selalu terpaku pada pekerjaan yang Anda lakukan tanpa adanya istirahat sejenak.

Saat bekerja, ada baiknya Anda mengambil istirahat di sela-sela pekerjaan, minimal selama 10-15 menit untuk mengembalikan tenaga dan semangat Anda.

Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti membaca novel, mendengarkan musik, jalan-jalan keluar ruangan, melakukan gerakan peregangan ringan atau minum-minuman yang dapat menyegarkan tubuh Anda.

3. Melakukan Olahraga Ringan
Menjaga konsentrasi saat berpuasa, Anda harus melakukan kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan tanpa sebab mengapa olahraga disarankan untuk dilakukan saat puasa.

Dengan berolahraga fungsi otak akan meningkat. Hal ini karena oksigen dalam darah menjadi lancar. Aliran darah yang lancar dapat memberi otak asupan oksigen cukup agar dapat meningkatkan fokus.

4. Singkirkan Hal yang Tidak Perlu
Seperti yang kita tahu, memang konsentrasi merupakan kunci utama agar produktivitas kerja selalu optimal. Namun, terkadang berbagai hal yang mengganggu disekitar Anda dapat mengacaukan konsentrasi saat bekerja.

Beberapa hal yang berpotensi mengganggu konsentrasi Anda misalnya suara telepon masuk atau notifikasi dari ponsel Anda. Dengan mematikan nada dering ponsel Anda, maka hal tersebut dapat membuat konsentrasi saat Anda bekerja menjadi lebih terjaga.

5. Konsumsi Sayur dan Buah
Agar konsentrasi selalu terjaga dan kinerja Anda selalu pada tingkat yang optimal, pastikan Anda mendapatkan asupan nutrisi dari makanan yang seimbang dan kaya akan vitamin pada saat berbuka dan santap sahur.

Jika Anda akan menentukan menu makanan untuk santap sahur, pastikan Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin B, C, E, dan magnesium.

Jenis vitamin tersebut dapat ditemukan pada makanan seperti jeruk, wortel, bayam dan sayuran hijau lainnya. Buah-buahan dan sayuran dapat mendukung konsentrasi Anda, agar tetap baik selama beraktivitas seharian penuh pada waktu berpuasa.

BERITA TERKAIT