test

Wisata

Selasa, 11 Mei 2021 12:35 WIB

Meski di Rumah Saja, 7 Hal Ini Perlu Dilakukan Jelang Lebaran

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Hidangan di Hari Lebaran. (Foto:PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah kali ini, berbagai persiapan mulai dilakukan. Namun, di tahun ini tak ada persiapan mudik. Pemerintah kembali melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Meski di rumah saja, perayaan Idul FItri tetap disambut dengan penuh sukacita. Segala persiapan pun mulai dilakukan.

Yuk, simak apa saja persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah. (Foto/ilustrasi: doknet)
Zakat fitrah. (Foto/ilustrasi: doknet)

Zakat fitrah merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh umat muslim di dunia. Baik yang sudah dewasa atapun yang masih kecil, dari yang muda atau yang tua.

Apabila kamu seorang kepala keluarga, sudah menjadi kewajiban untuk membayar zakat fitrah semua tanggungan keluarga. Mulai dari diri sendiri, istri, anak, atau orangtua yang masih menjadi tanggungannya.

Kita dapat membayarkan zakat fitrah di beberapa hari terakhir Ramadhan. Zakat fitrah harus sudah dibayarkan sebelum sholat Idul Fitri.

Untuk membayarkannya, amil zakat yang dibentuk oleh takmir masjid terdekat bisa menjadi pilihan. Atau bisa juga melalui Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) yang sudah banyak bermitra dengan yayasan-yayasan Islam non-profit di berbagai daerah di Indonesia.

Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah perlu dilakukan menjelang Idul Fitri. Terlebih bila nantinya ada sanak saudara yang datang berkunjung. Rumah yang rapi, akan memberi kesan nyaman bagi para tamu.

Meski harus membersihkan seluruh bagian rumah, namun yang perlu diperhatikan adalah ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar mandi. Karena ruangan tersebut nantinya akan akan digunakan oleh para tamu.

Menyiapkan Kue Lebaran

Kue Lebaran. (Foto/Ilustrasi: PMJ News)
Kue Lebaran. (Foto/Ilustrasi: PMJ News)

Bagi kamu yang ingin membuat sendiri kue lebaran, ada baiknya mulai mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Agar saat membuat kue tidak ada alat atau bahan yang terlupa.

Nah, buat kamu yang berencana membeli atau memesan kue lebaran, dapat dilakukan dua minggu sebelum lebaran. Hal ini karena pastinya sudah banyak pelanggan lain yang turut memesan.

Mencuci Peralatan Sholat

Tak mesti yang baru, kamu bisa mencuci peralatan sholat sehingga terlihat lebih bersih dan wangi. Jangan lupa mencuci sajadah, mukenah, baju koko dan sarung. Pastikan saat sholat Idul Fitri nanti keluargamu juga bersih dan wangi dengan peralatan sholat yang dikenakan. 

Belanja Bahan Makanan

Makanan khas Lebaran. (Foto/Ilustrasi: PMJ News)
Makanan khas Lebaran. (Foto/Ilustrasi: PMJ News)

Hari Raya Idul Fitri, tak terlepas dari hidangan lezat yang tersaji di meja makan. Sehingga penting untuk mempersiapkan bahan makanan yang dibutuhkan jauh-jauh hari.

Terlebih bagi kamu yang berencana memasak dalam porsi besar. Membeli bahan-bahan jauh-jauh hari juga diperlukan karena harga bahan makanan biasanya mulai naik mendekati hari raya.

Manfaatkan Alat Komunikasi Virtual

Karena tak bisa mudik, momen sungkem dan silaturahmi keluarga tetap bisa dilakukan. Manfaatkan teknologi yang ada. Kamu bisa melakukan panggilan video dan menyapa orang-orang tersayang.

Siapkan Bingkisan Lebaran

Sebagai pengobat rindu karena tak bisa mudik bertemu sanak keluarga, maka mengirimkan bingkisan Lebaran bisa menjadi pilihan terbaik untuk orang yang kamu sayang. Bingkisan Lebaran bisa berupa makanan, minuman atau perlengkapan ibadah. 

BERITA TERKAIT