test

News

Rabu, 14 April 2021 15:35 WIB

Tips Aman Bertransaksi Online Saat Ramadhan dan Idul Fitri

Editor: Hadi Ismanto

Ilustrasi belanja online aman. (Foto:PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Selama masa pandemi Covid-19, berbelanja secara online menjadi tren yang marak dilakukan kebanyakan orang. Namun, para pelaku kejahatan kerap mengintai pengguna yang melakukan transaksi virtual.

Sebuah perusahaan keamanan siber, Kaspersky membagikan wawasan terbaru dan tips agar masyarakat Indonesia bisa merayakan Idul Fitri dengan aman, meski dalam kondisi virtual.

Seperti dikutip dari keterangan perusahaan tersebut, Rabu (14/4/2021), sebanyak 378.973 upaya malware seluler terdeteksi di Indonesia. Angka ini menurun 31,89 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019, yakni 556.486 upaya serangan malware.

Meski mengalami penurunan, Indonesia masih menjadi negara tertinggi di Asia Tenggara dalam hal serangan malware. Secara global posisi Indonesia juga di urutan ke-4 negara dengan deteksi terbesar mobile malware.

Mobile malware yang paling umum terdeteksi di Indonesia adalah Trojan, Trojan Downloader, Trojan-Dropper, Trojan-SMS, dan HackTool. Di mana, 99 persen ancaman diciptakan untuk perangkat Android dan kurang dari 0,1 persen untuk iOS di seluruh dunia.

Managing Director Asia Pasifik Kaspersky, Chris Connell mengatakan Ramadhan dan Idul Fitri merupakan momen perayaan penting dan terbesar di Indonesia.

"Dengan teknologi yang sekarang kita miliki di genggaman tangan, kami yakin ini dapat memungkinkan keluarga khususnya di Indonesia untuk bersatu dan saling merangkul dengan batuan teknologi," katanya.

"Tren lain yang juga menjadi sorotan adalah smartphone hampir selalu menjadi perangkat yang dipakai untuk transaksi keuangan dari e-wallet hingga mobile banking dan belanja online," tuturnya.

Berikut sejumlah tips Kaspersky untuk mengamankan ponsel dan melakukan transaksi online dengan aman dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri:

- Pastikan OS smartphone terus diperbarui
- Pertimbangkan gunakan aplikasi keamanan siber yang handal
- Verifikasi situs atau aplikasi yang digunakan, pastikan menggunakan enkripsi yang kuat
- Selalu memakai kata sandi yang kuat dan unik
- Menerapkan otentikasi dua faktor
- Unduh e-wallet atau aplikasi pembayaran dari toko resmi
- Selalu tingkatkan kewaspadaan tiap kali bertransaksi online

BERITA TERKAIT