News

Selasa, 13 April 2021 07:01 WIB

Begini Tips Agar Kamu Kuat Lewati Puasa Ramadhan Hari Pertama

Editor: Ferro Maulana

Puasa Ramadhan. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Puasa di bulan suci Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat muslim yang telah baligh, untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Pada umumnya, puasa hari pertama bisa jadi sangat berat dan terasa lama.

Apalagi jika cuaca di luar sangat panas, ditambah lagi banyaknya iklan minuman segar di siang hari di televisi atau media sosial membuat godaan berpuasa makin besar.

Bagi Kamu yang baru berpuasa pertama kali seperti mualaf, atau hanya di bulan Ramadhan saja, berikut hadir beberapa tips yang dapat kamu coba.

Atasi Rasa Haus

Sebagian orang akan ketakutan bila harus melewati hari pertama tanpa air untuk waktu yang lama, terutama cuaca panas yang terik. Tetapi, rasa haus yang kamu rasakan sebenarnya baik bagi tubuh untuk mengeluarkan racun hingga membakar kalori dari cadangan lemak.

Kecuali, bila kamu memiliki masalah kesehatan, yang mungkin menghalangi kamu untuk berpuasa. Selebihnya, puasa kering (tanpa air) di bulan Ramadhan sangatlah aman dan baik untuk tubuh.

Jaga Niat

Menjaga niat tentu sangat penting untuk kesuksesan puasa bulan Ramadhan. Usahakan agar puasa kamu hanya untuk Allah SWT. Doakan agar Allah SWT mempermudah dan juga menerima puasa yang kita lakukan ini.

Bayangkan menjadi salah satu nikmat dari puasa yaitu memasuki Surga Rayyan, sehingga menambah semangat bagi kita saat berpuasa. Bacalah tentang keutamaan puasa terutama dari hadits qudsi yang akan menyegarkan keimanan Kamu dan memberi dorongan untuk mengatasi rasa lapar, haus, nafsu dan keinginan buruk lainnya.

Atur Pola Makan Sehat

Ramadhan merupakan tentang detoksifikasi pikiran, jiwa dan tubuh. Jadi, inilah saat yang tepat untuk menjauhi makanan tidak sehat sambil mencoba makan terbaik dan halal.

Hari dan minggu pertama Ramadhan biasanya paling sulit, karena tubuh Kamu menyesuaikan diri dengan perubahan drastis. Pada minggu kedua, Kamu biasanya akan merasa lebih baik. Pada minggu ketiga dan keempat, masalah paling utama yaitu mengatasi rasa haus, bukan lapar pada siang hari.

Fokus pada Hidrasi

Menjadi terhidrasi yaitu yang paling penting. Namun, bakal sulit dan tidak nyaman untuk minum banyak air, terutama jika di negara-negara yang malamnya sangat pendek.

Cara terbaik mendapatkan asupan air selain dari minum yakni dari sayuran segar dan buaha. Buah membantu mendapatkan asupan air ekstra itu.

Buah-buahan yang encer, ditambah banyak air biasa, akan menyegarkan Kamu. Air kelapa juga sangat cocok untuk sahur.

BERITA TERKAIT