logo-pmjnews.com

test

News

Minggu, 11 April 2021 21:02 WIB

Hujan Deras di Kawasan Puncak, Debit Air Katulampa Siaga Dua

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Akibat hujan deras di Puncak Bogor mengakibatkan debit air Bendung Katulampa meningkat. (Foto: PMJ News/Instagram Katulampa).
Akibat hujan deras di Puncak Bogor mengakibatkan debit air Bendung Katulampa meningkat. (Foto: PMJ News/Instagram Katulampa).

PMJ NEWS - Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak Bogor mengakibatkan debit air di Sungai Ciliwung meningkat dengan cepat. Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa Bogor mencapai 160 centimeter pada pukul 15.47 WIB dengan status siaga 2 banjir.

"Puncak hujan lebat tadi siang, tinggi muka air langsung naik, sekarang pukul 16.00 WIB ketinggian 160 centimeter, status siaga 2 banjir," ungkap petugas Bendung Katulampa Bogor, Andi Sudirman, Minggu (11/4/2021).

Andi mengatakan debit air di Sungai Ciliwung meningkat dengan cepat. Debit air sungai yang semula bertahan 10 centimeter sejak pagi, tiba-tiba meningkat dengan ketinggian 140 centimeter pada pukul 15.20 WIB.

"Dari pagi ketinggian air cuma 10 centimeter, kemudian langsung naik 140 centimeter pukul 15.20 WIB, kemudian naik lagi 160 centimeter pukul 15.47 WIB. Sampai sekarang masih bertahan 160 centimeter," tuturnya.

Andi menyampaikan, saat ini hujan deras masih melanda kawasan Puncak Bogor yang merupakan kawasan hulu Sungai Ciwung. "Puncak masih hujan deras, di kawasan Katulampa gerimis. Ada kemungkinan air masih naik," ujarnya.

Dengan peningkatan debit air Katulampa ini, Andi mengimbau agar warga di bantaran Sungai Ciliwung tetap waspada dengan kiriman air yang datang dari Bogor.

"Untuk warga sekitar bantaran Sungai Ciliwung agar tetap siaga terhadap luapan sungai. Air tiba di Jakarta antara 6-8 jam ke depan," tukasnya.

BERITA TERKAIT