Kesehatan

Rabu, 7 April 2021 09:50 WIB

5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Editor: Hadi Ismanto

Madu bermanfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutim (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Sejak turun temurun madu menjadi bahan alami yang digunakan untuk pengobatan rumahan. Cairan kental yang dihasilkan lebah dari nektar bunga ini menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Madu berbentuk seperti larutan gula dan mengandung sekitar 17,1 persen air. Kandungan madu sangat beragam, itulah kenapa khasiat madu juga banyak bagi kesehatan.

Kandungan tertinggi dari madu adalah fruktosa yang mencapai 38,5 persen, glukosa sekitar 31%. Fruktosa dan glukosa adalah jenis gula alami yang biasa ditemukan pada makanan serta minuman.

Dengan kandungan tersebut, tidak bisa dipungkiri jika madu memiliki khasiat untuk kesehatan. Seperti dirangkum dari berbabgai sumber, Rabu (7/4/2021), berikut lima manfaat madu.

1. Mengurangi resiko berbagai penyakit
Madu diduga memiliki manfaat yang baik dalam membantu memperkecil risiko terjadinya kanker, penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan kronis lainnya. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar memastikannya.

2. Menurunkan tekanan darah
Dikutip dari Healthline, madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan pada tikus dan manusia menunjukkan sedikit penurunan tekanan darah dengan mengonsumsi madu.

3. Melegakan Tenggorokan
Khasiat madu yang satu ini dikaitkan dengan sifat antiradang dari madu itu sendiri. Ini disebabkan oleh kandungan flavonoid dan jenis polifenol lain dengan cara menghambat hormon pemicu peradangan dalam tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada 139 anak menemukan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk pada malam hari, dan memperbaiki kualitas tidur dibandingkan dengan obat pereda batuk.

4. Mempercepat penyembuhan Luka
Khasiat madu untuk kesehatan, yakni sebagai penyembuh luka sudah diketahui sejak zaman dahulu. Bahkan, satu penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan madu, yaitu 43,3%, yang digunakan dalam perawatan luka.

Penelitian lain juga menunjukkan madu dapat menyembuhkan luka pada penderita diabetes dengan presentasi kesuksesan sebanyak 97 persen.

5. Membantu mengobati jerawat, psoriasis, dan eksim
Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Sifat-sifat ini berperan penting dalam menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membersihkan pori-pori yang tersumbat, oleh karena itu bisa mencegah penyebab munculnya jerawat seperti jerawat dan komedo.

Madu organik mengandung bakteri sehat yang membantu mengatasi kemerahan dan peradangan yang terkait jerawat. Eksim dan psoriasis adalah kondisi kulit yang mirip dengan jerawat, cirinya kulit meradang dan kemerahan.

BERITA TERKAIT