test

News

Kamis, 1 April 2021 16:00 WIB

Jelang Jumat Agung, Polda Metro Jaya Perketat Pengamanan Gereja di Jakarta

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Kapolres Metro Jakarta Pusat meninjau pengamanan Gereja Katedral. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya memperketat pengamanan pasca insiden penyerangan Mabes Polri, Rabu (31/3/2021). Pengamanan juga difokuskan ke empat gereja di Jakarta yang akan menjadi tempat pelaksanaan ibadah Jumat Agung, yang jatuh pada 2 April 2021.

Rincian empat gereja yang akan diprioritaskan pengamanannya antara lain Gereja Katedral Jakarta Pusat, Gereja HKBP Petojo, Grogol, Jakarta Barat, Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus di Jakarta Barat serta Gereja Immanuel Jakarta Pusat.

"Nantinya, empat gereja ini akan menjadi prioritas utama pengamanan. Masing-masing disiapkan 155 personil yang kita backup untuk mengamankan disekitar lokasi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Kamis (1/4/2021).

Untuk pengamanan jelang dan pada saat perayaan Paskah, kata Yusri, pihaknya menerjunkan 5.590 personil. Pengamanan Jumat Agung akan dilakukan serentak di seluruh gereja di wilayah Jabodetabek dengan total 833 gereja.

Bentuk pengamanan ini tidak hanya dilakukan pihak kepolisian bersama TNI, tapi juga akan melibatkan pihak internal dari pengurus gereja itu sendiri. Bahkan gereja-gereja tersebut menerapkan sistem barcode untuk membatasi jumlah jemaah yang hadir.

"Masing-masing gereja sudah mengeluarkan SOP sendiri untuk sistem peribadatan besok, sehingga harus ditaati oleh para jemaah yang akan hadir dan melaksanakan ibadah di gereja tersebut," tukasnya.

BERITA TERKAIT