test

News

Jumat, 2 April 2021 07:07 WIB

Memaknai Jumat Agung Dalam Pekan Suci Jelang Hari Paskah

Editor: Ferro Maulana

Perayaan Jumat Agung. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Umat Nasrani hari ini Jumat (2/4/2021), merayakan Jumat Agung, yang merupakan hari yang tedapat dalam Pekan Suci menjelang Hari Paskah.

Sebelum Hari Paskah yang bakal jatuh pada Minggu (4/4/2021), umat Kristiani merayakan Pekan Suci yang meliputi Minggu Palem, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah.

Kemudian, apa itu Jumat Agung dan mengapa hari itu diperingati?

Situs Christianity, pada Kamis (1/4/2021), melaporkan bahwa Jumat Agung merupakan hari Jumat sebelum Paskah, hari yang penting dalam sejarah umat Kristen karena memperingati hari ketika Yesus rela menderita dan wafat disalib sebagai pengorbanan terakhir untuk dosa umat-umatnya.

Sejak Yesus wafat dan dibangkitkan, umat Kristen telah memproklamirkan salib dan kebangkitan Yesus sebagai titik balik yang menentukan bagi semua ciptaan.

Bahkan, Paulus menganggap, Yesus wafat untuk menebus dosa-dosa umatnya, ia dikuburkan dan dibangkitkan pada hari ketiga.

Dalam pengertian bahasa Inggris, Jumat Agung ini disebut dengan istilah "Good Friday". Sedangkan, dalam bahasa Jerman disebut Karfreitag yang artinya Jumat yang Penuh Duka.

Dalam bahasa Inggris, kata “Good” ini cukup menjadi perdebatan, beberapa orang percaya bahwa “Good” berkembang dari kata “God’s Friday”. Terlepas dari asalnya, hari itu menandai puncak penderitaan dan kematian Yesus.

Mengutip Countryliving, perayaan Jumat Agung sudah mengalami berbagai perkembangan selama berabad-abad. Pada Abad Pertengahan, Fransiskus dari Assisi mempopulerkan ziarah simbolis yang dikenal sebagai Jalan Salib.

Perayaan itu dilakukan dengan menempatkan salib pada jarak tertentu hingga membentuk seperti di lukisan yang menggambarkan pemandangan kehidupan Yesus.

Passion play, drama dari hari-hari terakhir kehidupan Yesus juga telah dimulai pada Abad Pertengahan. Salah satunya diadakan di Oberammergau, Jerman, dan dilakukan setiap sepuluh tahun sejak 1634.

Beberapa umat yang lain merayakannya dengan mengunjungi tujuh Gereja yang berbeda pada hari Jumat Agung, meluangkan waktu untuk berdoa di masing-masing Gereja.

Puasa dan menghadiri kebaktian juga merupakan bagian dari peringatan Jumat Agung. Seperti, bagi umat Katolik Roma, ibadah pada Jumat Agung adalah bagian tengah dari liturgi tiga hari atau disebut dengan Triduum. (Sumber: Christianity/ Countryliving)

BERITA TERKAIT