test

Kesehatan

Rabu, 17 Maret 2021 10:02 WIB

7 Makanan Berprotein Tinggi Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Makanan mengandung protein bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Makanan berprotein tinggi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein di dalam makanan dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membangun sel dan jaringan tubuh yang baru.

Namun, makanan berprotein tinggi tidak baik dikonsumsi oleh semua orang. Orang yang memiliki penyakit ginjal umumnya disarankan untuk mengurangi asupan protein, karena asupan protein yang berlebihan bisa membuat kerja ginjal semakin berat.

Seperti dilansir laman Healthline, Rabu (17/3/2021), berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan protein.

1. Telur
Telur mengandung protein tinggi, tetapi putih telur hampir merupakan protein murni. Telur mengandung 33 persen kalori. Satu telur besar memiliki 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Dada ayam
Dada ayam jika dimakan tanpa kulit mengandung banyak protein. Dada ayam juga sangat mudah dimasak dan serbaguna. Makanan ini mengandung 75 persen kalori. Satu dada ayam panggang tanpa kulit mengandung 53 gram dan hanya 284 kalori.

3. Brokoli
Brokoli termasuk sayuran sehat yang mengandung vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium. Brokoli juga menyediakan nutrisi bioaktif yang dapat membantu melindungi dari kanker.

Brokoli tinggi protein dibandingkan dengan kebanyakan sayuran. Brokoli mengandung 33 persen kalori. Satu cangkir atau 96 gram brokoli cincang memiliki 3 gram protein dan hanya 31 kalori.

4. Almond
Almond kaya nutrisi penting, termasuk serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Almond mengandung 15 persen kalori, 6 gram, dan 164 kalori per ons atau 28 gram.

5. Tuna
Tuna rendah lemak dan kalori tetapi kaya akan sumber protein. Seperti ikan lainnya, tuna merupakan sumber berbagai nutrisi yang baik dan mengandung lemak omega-3.

Tuna mengandung 84 persen kalori pada tuna kalengan dalam air. Satu kaleng atau 142 gram mengandung 27 gram protein dan hanya 128 kalori.

6. Udang
Udang adalah salah satu jenis makanan laut. Udang rendah kalori tetapi tinggi berbagai nutrisi, termasuk selenium dan vitamin B12. Seperti ikan, udang mengandung asam lemak omega-3.

Udang mengandung 97 persen kalori. Satu porsi 3 ons atau 85 gram mengandung 20 gram dan hanya 84 kalori.

7. Susu
Susu adalah sumber protein berkualitas tinggi dan tinggi kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2). Jika Anda mengkhawatirkan asupan lemak Anda, susu rendah atau nol lemak bisa menjadi pilihan.

Susu mengandung 21 persen kalori. Satu cangkir susu utuh mengandung 8 gram protein dan 149 kalori. Satu cangkir susu kedelai mengandung 6,3 gram protein dan 105 kalori.

BERITA TERKAIT