test

News

Selasa, 9 Maret 2021 11:20 WIB

Kondisi Terkini Pasien Corona B117, Kemenkes: Mereka Sudah Sembuh

Editor: Ferro Maulana

Pasien yang terpapar virus Corona. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dokter Siti Nadia Tarmidzi, menerangkan, empat pasien kasus baru mutasi virus Corona B117 dalam kondisi sehat. Bahkan, kondisi keempatnya juga tidak ada yang mengalami gejala berat.

“Kami sampaikan kembali keempat kasus dengan varian B117 ini saat ini sudah sembuh. Mereka sudah menjalani pengobatan dan tata laksana. Semuanya mengalami gejala ringan dan sedang,” ungkap Siti Nadia Tarmidzi, dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (9/3/2021).

Lebih jauh Nadia memaparkan, keempat pasien itu hanya melakukan isolasi secara terpusat di tempat-tempat isolasi. Walaupun ada yang dirawat di rumah sakit, namun dengan kondisi yang ringan sedang.

Selain itu, menurut Nadia, sampai sekarang hasil pelacakan kasus terhadap kontak erat dan keluarga juga dinyatakan tidak ada yang mempunyai gejala mengarah ke Covid-19.

Adapun keempat kasus baru ini diperoleh dari hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing yang dilakukan oleh Badan Litbang Kesehatan bersama dengan 16 laboratorium lainnya yang ada di di Tanah Air.

Sehingga saat ini terdapat enam kasus konfirmasi positif Covid-19, pasca sebelumnya pada 1 Maret telah ditemukan dua kasus positif Covid-19 dengan varian virus B117 yang merupakan pelaku perjalanan luar negeri.

“Adapun keempat varian virus B117 ini ditemukan di empat provinsi yaitu di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan,” ungkap Nadia yang juga menjabat Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML).

Ia mengimbau dengan adanya penambahan kasus Covid-19 varian B117, dimana masyarakat diminta semakin waspada dan terus menerapkan disiplin menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan termasuk mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian.

BERITA TERKAIT