test

News

Kamis, 4 Maret 2021 12:20 WIB

Begini Cara Kemenkes Cegah Virus Corona B117 Masuk ke Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan telah membuat kebijakan dalam mencegah penyebaran mutasi virus Corona B117 dari Inggris, yang terdeteksi sudah masuk ke Indonesia bertepatan dengan setahun pandemi menyerang Tanah Air.

"Tentunya penguatan 3M (protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Deteksi dini dengan penguatan testing, peningkatan pelacakan kasus dan isolasi," terang Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Kamis (4/3/2021).

Pencegahan penyebaran virus Covid-19 B.1.1.7. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)
Pencegahan penyebaran virus Covid-19 B.1.1.7. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)

Lebih jauh Siti Nadia menuturkan, vaksin yang sekarang digunakan pemerintah masih efektif untuk mencegah penularan mutasi virus tersebut. Walaupun pemerintah tengah mempercepat vaksinasi, dirinya pun berharap masyarakat juga semakin meningkatkan kewaspadaan.

Masih dari keterangan Siti Nadia, satu-satunya cara untuk mencegah penularan virus yaitu dengan penerapan protokol kesehatan "3M plus" menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

"Virus ini lebih cepat menular, namun tidak menyebabkan bertambah parahnya penyakit," pungkasnya.

BERITA TERKAIT