test

Entertainment

Senin, 1 Maret 2021 12:25 WIB

Fans Kecewa, Lagu K-Pop Dihapus dari Spotify

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Penyanyi Tablo K-Pop. (Foto : PMJ/Twitter).

PMJ NEWS - Bagi para pengguna aplikasi Spotify yang sering mendengarkan lagu K-Pop pasti sedang merasa kecewa. Sebab mulai hari ini, Senin (1/3/2021) lagu-lagu berbahasa Korea Selatan khususnya yang didistribusikan oleh Kakao M akan hilang dari Spotify.

Informasi yang beredar, lagu-lagu K-Pop mulai hilang karena buntut dari perselisihan antara Kakao M dan Spotify. Hal ini bermula ketika Kakao M menarik seluruh lisensi lagu di bawah naungannya yang beredar di Spotify Korea lalu memindahkannya ke aplikasi Melon yang merupakan anak perusahaan dari Kakao M.

Konflik panjang ini akhirnya membuat Spotify mencabut seluruh lagu di bawah distribusi Kakao M, sehingga para penggemar K-Pop di seluruh dunia tidak dapat mendengarkannya lagi melalui aplikasi streaming tersebut.

Salah satu penyanyi dari grup Epik High yakni Tablo pun buka suara terkait dengan informasi tersebut dan menyayangkan tindakan pihak Kakao M. Hal yang sama juga dirasakan oleh para penggemarnya dengan mengekspresikan kekecewaannya serta menduga-duga titik permasalahan, salah satunya adalah kurangnya strategi dari pihak Kakao M.

"Melon kayak kurang strategi gak sih, kayak pesaing kan akan selalu ada dan datang kapanpun, masa iya kalo ada pesain baru cara ngatasinnya gini. Kan Spotify aplikasi berbayar, atau buat aja yang lebih murah, atau kasih bonus sama fitur apa kek, tidak habis pikir," ujar salah satu akun bernama @sylthaerinza.

Diketahui lebih lanjut, beberapa penyanyi yang terdampak dari konflik antara dua perusahaan streaming musik tersebut antara lain, IU, Astro, Kim Sejeong, The Boyz, Gfriend, hingga Cravity.

BERITA TERKAIT