test

News

Jumat, 19 Februari 2021 15:10 WIB

Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia di Jakarta Dimulai Siang ini

Editor: Hadi Ismanto

Seorang penerima vaksin Covid-19 tangah menjalani penyuntikan. (Foto: PMJ News/Yeni).

PMJ NEWS - Pemprov DKI Jakarta akan memulai vaksinasi Covid-19 bagi para lanjut usia (lansia) mulai dilaksanakan pada Jumat (19/2/2021). Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Widyastuti.

"Untuk lansia secara umum mulai hari ini selesai salat Jumat di beberapa rumah sakit dan puskesmas, karena vaksinnya baru datang subuh tadi," ungkap Widyastuti dalam konferensi pers secara virtual.

Widyastuti mengatakan, DKI Jakarta menerima 60 ribu dosis vaksin Covid-19 untuk lansia. Selanjutnya, Dinas Kesehatan mendistribusikan vaksin ke fasilitas kesehatan di tingkat kota siang ini.

Namun, Widyastuti tidak menjelaskan secara rinci terkait mekanisme vaksinasi lansia ini. Ia hanya menyebut telah mengantongi data calon penerima vaksin yang diambil dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta berkoordinasi dengan puskesmas dan institusi atau kantor.

"Kemudian kami juga punya posyandu lansia tersebar di kelurahan kecamatan yang juga bisa menjadi konfirmasi data pada saat data top down (dari pemerintah pusat) didapatkan," tuturnya.

Selain menerima vaksin untuk para lansia, DKI Jakarta juga telah menyiapkan 10 ribu dosis vaksin yang diperuntukan bagi pedagang pasar. Proses penyuntikan pun telah dimulai di Pasar Tanah Abang pada 17 Februari 2021 lalu, bersamaan dengan dimulainya vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

BERITA TERKAIT