test

News

Rabu, 17 Februari 2021 16:50 WIB

Siap-siap, Mulai 21 Mei Pengesahan STNK Mulai Dilakukan Via Online

Editor: Ferro Maulana

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono. (Foto: PMJ News/Dok Korlantas).

PMJ NEWS -  Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terus mengembangkan inovasi serta pelayanan terbaik kepada masyarakat dilakukan secara online (daring). Usai layanan perpanjangan dan pembuatan SIM secara online, kali ini Polri sudah merencanakan pengesahan STNK juga dilakukan daring.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menjelaskan, pelayanan secara daring akan terus dikembangkan bertujuan untuk mengurangi interaksi antara petugas dengan masyarakat di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut juga sejalan dengan program Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

“STNK kita bikin secara daring merespon pandemi Covid, program Presisi bapak Kapolri, tren internet of things, evaluasi program terdahulu tentang fitur identifikasi dan keamanan,” ujar Irjen Istiono dalam Rapim Polri di Mabes Polri Jakarta, Rabu (17/2/2021).

ilustrasi stnk
ilustrasi STNK. (Foto: Dok PMJ)

Layanan pengesahan STNK secara daring rencananya akan diluncurkan mulai 21 Mei 2021. Proses pengajuannya menyerupai pengajuan perpanjangan SIM online. Yaitu, mengunduh aplikasi perpanjangan, mengisi data diri, sampai melakukan pembayaran melalui bank.

“Samsat digital nasional, ini fungsinya sebagai sarana pengesahan STNK. Alur sama juga unduh aplikasi sampai validasi sampai pengesahan alur pembayaran STNK,” tutur Istiono menambahkan.

Di tempat dan kesempatan yang sama, Istiono mengimbau kepada para Kapolda untuk menyiapkan layanan pengesahan STNK daring ini. Alasannya, layanan STNK bersentuhan dengan institusi lain.

“Kapolda nanti rekan-rekan saja turun ke lapangan untuk konfirmasi kesiapan Samsat online terkait dengan Dispenda dan Jasa Raharja, karena kalau SIM ini wilayah kita. Kalau Samsat sudah teregistrasi dengan tiga lembaga ini,” tandasnya.

BERITA TERKAIT