test

News

Kamis, 4 Februari 2021 08:03 WIB

Sebabkan Kaca Bergetar, Ini Penjelasan BMKG Soal Dentuman Keras di Malang

Editor: Ferro Maulana

Dentuman misterius di kota Malang. (Foto: Ilustrasi Dok Net)

PMJ NEWS -  Badan Meteorologi Klimitalogi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan suara dentuman misterius di Malang karena suara thunderstorm (hujan petir). 

Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono menerangkan dentuman keras tersebut berasal dari thunderstorm yang memang dapat memicu suara besar.

'Akhirnya dengan tegas sampaikan bahwa dentuman di malang adalah thunderstorm," tulisnya di akun resmi Twitternya.

Dirinya kembali mengungkapkan BMKG wilayah Malang tidak pernah mencatat adanya anomali seismik dalam rentang waktu terdengarnya suara dentuman tersebut. Artinya dentuman bukan karena adanya gempa.

"Untuk teman-teman di Malang yang melaporkan pada pukul 00.50 WIB – 1.18 WIB dan pukul 03.00 WIB – 03.22 WIB mendengar suara dentuman misterius. Ini catatan sensor BMKG di Pandaan (MLJI) tidak mencatat anomali seismik," tulisnya lagi. 

Daryono pun menegaskan sumber suara dentuman tersebut banyak bisa shockwave meteorit, shockwave gunung api, shockwave pesawat supersonik, bahan peledak, longsoran tanah skala luas, gempa sangat dangkal, dan thunderstorm.

"Semua itu bisa menjadi penyebab munculnya suara dentuman. Masyarakat jangan panik apalagi terkait dengan hal-hal supranatural," sambungnya. 

Untuk diketahui, warga Malang Jawa Timur dikabarkan mendengar adanya suara dentuman misterius yang terjadi sejak Selasa (2/2/2021) malam sekira pukul 23.40 WIB.

Dentuman terjadi hingga Rabu pagi ini. Bahkan suara dentuman misterius itu kabarnya sempat menggetarkan kaca - kaca rumah dan menyebabkan warga keluar rumah.

BERITA TERKAIT