test

Regional

Sabtu, 23 Januari 2021 22:00 WIB

Puluhan Kali Gempa Tremor, Aktivitas Vulkanik Gunung Raung Meningkat

Editor: Ferro Maulana

Aktivitas vulkanik Gunung Raung. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Aktivitas vulkanik Gunung Raung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terus meningkat, hari ini Sabtu (23/1/2021).

Dalam beberapa jam terakhir terekam sebanyak puluhan gempa tremor dan belasan kali gempa hembusan, seiring semburan asap berwarna kelabu membumbung setinggi lima ratus meter, yang congdong ke arah timur dan timur laut mengikuti arah angin.

Adapun sekarang aktivitas vulkanik Gunung Api Raung dalam status waspada level dua, hingga Sabtu masih mengalami erupsi pada skala kecil.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada pos pengamatan Gunung Api Raung yang berlokasi di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, melaporkan, terjadinya gempa tremor sebanyak 57 dan 13 kali gempa hembusan.

Gunung dengan ketinggian 3.332 dari permukaan laut itu secara terus menerus menyemburkan material vulkanik asap kelabu yang membumbung setinggi lima ratus meter.

Ketua Pos Pengamatan PVMBG Gunung Raung, Mukijo menjelaskan aktivitas vulkanik Gunung Raung pada status waspada level dua ini tidak mengganggu aktivitas warga masyarakat yang berladang di kaki Gunung Raung di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Kabupaten Bondowoso.

“Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada pos pengamatan Gunung Raung masih menetapkan larangan radius berbahaya bagi semua kegiatan pendakian dengan radius dua kilometer dari pusat erupsi kawah puncak Raung,” tandasnya. 

BERITA TERKAIT