test

News

Selasa, 19 Januari 2021 13:25 WIB

Seluruh Korban Longsor di Sumedang Ditemukan, Tim SAR Stop Pencarian

Editor: Hadi Ismanto

Basarnas menemukan seluruh korban jiwa yang tertimbun tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat. (Foto: PMJ News/Instagram @sar_nasional).

PMJ NEWS - Seluruh korban bencana tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat, telah berhasil dievakuasi pada Senin (18/1/2021). Tim SAR gabungan pun menutup operasi pencarian.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah menyebut dua korban yang ditemukan masih anak-anak, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Korban berhasil ditemukan pukul 19.59 WIB dan pukul 21.13 WIB.

"Seluruh korban sudah berhasil kami evakuasi. Selanjutnya, operasi SAR tanah longsor ini kami nyatakan ditutup," jelas Deden Ridwansah di lokasi longsor Sumedang.

Pada kesempatan yang sama, Deden juga memberikan apresiasi kepada seluruh tim SAR yang terlibat dalam proses pencarian longsor Sumedang. Ia pun menyampaikan duka mendalam kepada seluruh keluarga korban.

"Semua ini berkat sinergitas dan semangat pantang menyerah dari seluruh tim SAR yang dilandasi semangat kemanusian untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang dilanda bencana," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, tanah longsor melanda Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Sabtu (9/12/2021) sekitar pukul 16.45 WIB. Longsor berikutnya terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Luas areal terdampak longsor sebesar 3.497 meter persegi.

Dari 65 korban, tim SAR berhasil menyelamatkan 25 orang dan mengevakuasi 40 korban dalam keadaan meninggal dunia tertimbun tanah longsor secara bertahap selama 10 hari pelaksanaan operasi SAR.

BERITA TERKAIT