test

News

Senin, 18 Januari 2021 16:50 WIB

Mendagri Akui Komjen Listyo Sigit Sosok Pribadi Matang dan Tegas

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Instagram @titokarnavian).

PMJ NEWS - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengapresiasi penunjukkan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Ia mengakui jenderal bintang tiga yang menjabat Kabareskim itu sosok pribadi matang dan tegas.

"Saya ucapkan selamat pada Pak Sigit yang dipilih menjadi calon tunggal Kapolri. Selama saya menjadi Kapolri, ada dua jabatan strategis yang dilaksanakan pertama Kapolda Banten dan kedua Kadiv Propam," ujar Tito saat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021).

Tito mengungkapkan, Listyo Sigit memiliki kinerja yang baik selama menjabat Kapolda Banten sekitar dua tahun. Di bawah kepemimpinannya, kondisi kamtibmas terkendali.

"Pada saat Kapolda Banten cukup lama 2 tahun. Situasi Banten, saya lihat tenang, cool, dan kinerja yang sangat baik selama di Polda Banten. Saya kira semua bisa menyaksikan, di media juga kan banyak," tuturnya.

Lebih lanjut Tito mengatakan, Listyo Sigit juga sempat menjabat Kadiv Propam Polri sebelum mengemban jabatan Kabareskrim. Ia menilai track record jenderal bintang tiga ini cukup baik.

"Saat Kadiv Propam juga beliau sangat membantu saya dan sangat mendukung, terutama dalam rangka untuk mengawasi kinerja anggota, dan itu juga dilakukan dengan sangat baik. Ditambah dengan pengalaman beliau sebagai Kabareskrim dalam waktu satu tahun lebih," jelasnya.

Meski terbilang muda, Tito menilai Listyo Sigit memiliki pengalaman yang matang. Menurut dia, Kabareskri Polri ini memiliki pengalaman kewilayahan hingga reserse.

"Sehingga saya merasa bahwa Pak Sigit meskipun berusia muda tapi matang. Sudah cukup matang di pengalaman di kewilayahan, di teritorial, pengalaman di staf yang cukup lama, dan juga pengalaman di bidang serse, Kabareskrim jabatan yang sangat strategis di Polri," terangnya.

"Saya kira dengan segala pengalaman itu, ditambah dengan pribadi beliau yang saya sangat paham. Pribadi yang santun, pribadi yang merangkul. Termasuk kemampuan beliau merangkul semua pihak senior-junior, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik," sambungnya.

BERITA TERKAIT