test

News

Selasa, 12 Januari 2021 11:48 WIB

Menggapai Mimpi Jakarta Sehat, Jakarta Aman

Editor: Fitriawan Ginting

Kapolda Metro Irjen Pol Fadil Imran di acara peresmian Kampung Tanggu Jaya di Cengkareng, Jakarta Barat.(Foto:PMJ News)

Oleh: Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si.

PMJ News- Saat matahari mulai menghantarkan cahaya bias warna cerah kekuningan dari balik gedung-gedung pencakar langit dan rumah-rumah penduduk yang padat merayap. Saya harus bergegas pergi mewujudkan mimpi "Jakarta Sehat, Jakarta Aman". Sebagai Kapolda Metro Jaya, saya memiliki tanggungjawab penuh untuk memastikan setiap wilayah zona merah mengoptimalkan program Kampung Tangguh Jaya guna menekan penyebaran Covid 19 dan membantu meringankan kebutuhan warga.

Tingkat kasus positif Covid 19 di wilayah DKI Jakarta masih sangat tinggi. Memasuki awal Januari 2021, terjadi penambahan 2.959 kasus baru. Kondisi ini berpotensi akan terus meningkat jika tidak diintervensi secara cepat dan tepat. Untuk itu kita tidak bisa berdiam diri.  Segala sumber daya harus dikerahkan untuk menolong rakyat agar terbebas dari pandemi Covid 19.

Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya saat memantau Kampung Tangguh Jaya Cakung. (Foto ; Dok PMJ).
Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya saat memantau Kampung Tangguh Jaya Cakung. (Foto ; Dok PMJ).

Hari ini, Senin, 11 Januari 2021, saat hati masih diselimuti duka mendalam atas musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya. Saya bersama sahabat, Pangdam Jaya Mayor Jenderal Dudung Abdurachman, terjun  langsung ke Mapolsek Ciledug, Tanggerang Kota yang masih menjadi zona merah Covid 19. Lalu setelah itu, beranjak menuju ke Mapolsek Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dua Mapolsek itu adalah titik awal langkah kami untuk mengintensifkan program Kampung Tangguh Jaya, memberi dukungan kepada personil, bersilahturahmi dengan masyarakat agar saling membantu menekan penyebaran Covid 19 dan meringankan beban kebutuhan hidup. Pada hari yang bersamaan, seluruh jajaran Polda Metro Jaya juga bergerak dengan cita-cita yang sama.

Kampung Tangguh Jaya merupakan replikasi dari Kampung Tangguh Semeru yang pernah saya bangun 1.559 Kampung ketika menjadi Kapolda Jawa Timur. Program hasil kolaborasi dan sinergisitas bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, Forkominda, Perguruan Tinggi, rekan-rekan media, kelompok pengusaha dan seluruh komponen masyarakat sampai ke tingkat RT. Mendapat sambutan positif dari Presiden Joko Widodo, Kapolri, Panglima TNI, sehingga diadopsi menjadi program Nasional dengan nama Kampung Tangguh Nusantara.

Kapolda Metro cek langsung dapur umum Kampung Tangguh Jaya. (Foto : PMJ/Gtg).
Kapolda Metro cek langsung dapur umum Kampung Tangguh Jaya di Cileduk. (Foto : PMJ/Gtg).

Konsep Kampung Tangguh Jaya yang dikembangkan di wilayah DKI Jakarta menggunakan pendekatan berbasis POP (Problem Oriented Policing) melalui upaya scanning, analysis, response dan assessment. Dalam penerapannya mengedepankan beberapa langkah-langkah sentral, seperti transformation organization, community partnership, problem solving dan community mobilitation.

Mengatasi masalah pandemi ini memang tidak bisa hanya dengan logika berpikir di dalam kotak (in of the box) atau hanya bermain di wilayah "comport zone". Kita harus terus berpikir "out of the box" atau melompat dari kebiasaan konvensional untuk mencari terobosan-terobosan yang strategis dan konstruktif secara berkelanjutan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran berikan bingkisan ke perawat. (Foto ; Dok PMJ).
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran berikan bingkisan ke perawat. (Foto ; Dok PMJ).

Peraih Nobel Fisika, Albert Einstein, pernah mengingatkan bahwa suatu permasalahan tidak akan pernah dipecahkan jika kita menggunakan pola pikir yang sama ketika masalah itu diciptakan. Artinya, perubahan suatu keniscayaan, karenanya dituntut berinovasi dan berkembang dengan segala masalah yang tidak bisa diperbarui dengan cara-cara lama.
 
Tetapi apalah arti sebuah ide atau gagasan jika tanpa tindakan nyata. Begitu pula, jangan berharap hasil maksimal kalau bekerja masih menggunakan mentalitas “business as usual”, bekerja ala kadarnya, sekedar rutinitas belaka, sebatas serimonial, harus terus dilayani tanpa mau melayani. Itu lah sebabnya dibutuhkan orang-orang yang bersedia bekerja ikhlas, cerdas dan tuntas mewujudkan cita-cita.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melepas tim Ojol Pemburu Covid-19. (Foto ; PMJ/Fjr).
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melepas tim Ojol Pemburu Covid-19. (Foto ; PMJ/Fjr).

Tidak bisa juga dipungkiri bahwa faktor keberhasilan bukan hanya ditentukan oleh konsep yang apik, tetapi juga sangat ditentukan oleh kerjasama yang baik dan sinergisitas multistakeholder serta saling menghormati.

Seorang filosof dan sejarawan Oxford, Yuval Noah Harari juga menyatakan bahwa kunci keberhasilan umat manusia saat ini adalah membangun solidaritas dan kerjasama secara global. Baginya, krisis multidimensi yang melanda umat manusia bukan semata-mata problem Covid-19. Tetapi yang paling utama, kurangnya kepercayaan di antara manusia dan bangsa-bangsa. Untuk itu, masyarakat mesti percaya kepada para ilmuwan. Warga negara harus percaya pada otoritas publik, dan bangsa-bangsa harus saling mempercayai.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memberi contoh menekan Covid-19. (Foto : Dok PMJ).
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memberi contoh menekan Covid-19. (Foto : Dok PMJ).

Semoga adaqium “Salus Populi Suprema Lex Esto”, atau dalam bahasa Indonesia "keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi" bisa kita pegang teguh sebagai rasa tanggungjawab yang melekat dalam diri, khususnya sebagai seorang Polisi untuk terus berpikir dan berbuat baik demi kepentingan rakyat dan negara.  Selamat berjuang. Semoga pandemi ini segera berakhir.

BERITA TERKAIT