test

Politik

Selasa, 29 Oktober 2019 14:46 WIB

Jokowi Meminta Sri Mulyani Memberi Perhatian Lebih ke APBD Maluku

Editor: Redaksi

Jokowi meninjau lokasi pengungsian warga terdampak gempa di Provinsi Maluku. (foto: @sekretariat.kabinet)

PMJ – Setelah mendapat masukan dalam rapat bersama Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno serta seluruh bupati dan wali kota di wilayah Maluku, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memberi perhatian lebih pada Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Maluku.

"Memang APBN kita juga ada keterbatasan, tetapi usulan yang tadi disampaikan nanti siang akan saya telepon langsung kepada Menteri Keuangan untuk bisa memberikan perhatian yang lebih kepada Provinsi Maluku," kata Jokowi dalam keterangan resmi, Selasa (29/10/2019).

Jokowi meninjau lokasi pengungsian warga terdampak gempa di Provinsi Maluku. (foto: @sekretariat.kabinet)

Jokowi mendapat laporan terkait penanganan bencana gempa yang melanda wilayah Maluku pada 26 September lalu. "Yang disampaikan juga sama seperti yang tadi bapak sampaikan. Intinya bahwa APBD provinsi ini memang sangat kurang," ujarnya.

Jokowi mengakui bahwa aspirasi tersebut sudah sering didengar setiap bertemu dengan kepala daerah. Namun Jokowi juga mengingatkan bahwa Indonesia memiliki 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota, sehingga APBN memiliki keterbatasan.

Selain dana APBD, para kepala daerah juga sering mengeluhkan soal infrastruktur, seperti jalan dan jembatan. "Tetapi sekali lagi, dengan keterbatasan APBN yang ada, nanti akan saya utak-atik sesuai dengan tadi yang diusulkan. Insya Allah akan segera kita tindak lanjuti," ujarnya. (BHR)

BERITA TERKAIT