test

News

Jumat, 25 Desember 2020 11:45 WIB

Menristek Pastikan Varian Baru Covid-19 Belum Masuk Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro. (Foto: PMJ News/Kemristek).

PMJ NEWS - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro memastikan varian baru Covid-19 yang ditemukan di Inggris belum menyebar di Indonesia.

"Saat ini kita simpulkan belum ada bukti varian ini sudah ada atau menyebar di Indonesia. Belum ada bukti tingkat keparahan lebih dan juga tidak menambah tingkat kematian," jelas Bambang dalam video virtual, Kamis (24/12/2020).

Menurut Bambang, varian baru virus Covid-19 ini ditemukan karena Inggris memiliki fasilitas molekuler terbaik di dunia. Pemantauan serta pengawasan virus Corona di Inggris, membuat negara tersebut dapat menemukan varian baru virus Corona.

"Inggris adalah salah satu negara yang punya monitoring dan surveilance genomic dan molekuler terbaik di dunia. Karena itu mereka bisa mendeteksi, bahwa ada mutasi yang menyebabkan penularan yang lebih cepat," tuturnya

Kendati begitu, lanjut Menristek, Indonesia perlu mewaspadai penyebaran jenis baru Covid-19 ini. Apalagi, kasus positif dan penyebaran Covid-19 di Indonesia semakin meningkat.

"Kita harus waspada dengan tingkat peningkatan kasus positif dan juga infeksi makin tinggi kita harus jaga agar varian ini tidak membuat keadaan berat," tukasnya.

BERITA TERKAIT