test

News

Jumat, 4 Desember 2020 10:58 WIB

Tes Covid-19 Banyak Tantangan, Ini Yang Diungkapkan Satgas

Editor: Fitriawan Ginting

Pasien Sembuh Covid 19

PMJ NEWS - Tes Covid-19 di Indonesia ternyata memiliki banyak kendala. Hal itu disampaikan oleh Satgas penanganan Covid-19. Menurut Dewi Nur Aisyah, Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, bukan hanya masalah geografis yang jadi kendala pemeriksaan tes Covid-19, akan tetapi sebaran laboratorium (lab) yang tidak merata.

Termasuk juga masih ada keterbatasan jumlah dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, dalam testing penyakit infeksi.

"Karena meski mereka berasal dari laboratorium, tetapi ternyata ada juga yang belum pernah memegang penyakit infeksi. Ini beda penanganannya," kata Dewi dalam dialog di BNPB, baru-baru ini.

Dikatakan Dewi, untuk penanganan penyakit infeksi membutuhkan standar yang berbeda. Dari sisi tenaga pemeriksa di laboratorium, petugas yang melakukan pengambilan sampel, transportasi, dan penyimpanan pun harus benar-benar dilatih untuk mencegah kontaminasi.

Dewi mengatakan, melatih banyak tenaga untuk dapat melakukan seluruh proses tes Covid-19 yang baik dalam waktu singkat, bukanlah hal yang mudah. Ia merekomendasikan agar Pemerintah Daerah ikut mendukung kinerja petugas, misalnya dengan membuat regulasi tentang insentif untuk mereka yang bekerja di luar jam kerja. Dan masih banyak kendala lainnya.

BERITA TERKAIT