test

Kesehatan

Senin, 22 Juni 2020 11:48 WIB

Capai 346 Angka Kematian, Ketahui Ini Tujuh Provinsi dengan Kasus DBD Tertinggi

Editor: Ferro Maulana

Penyakit demam berdarah. (Foto: FIF/ PMJ)

PMJ - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan bahwa tujuh wilayah transmisi lokal Covid-19 yang juga turut melaporkan kasus baru demam berdarah dengue (DBD) sebanyak 100 hingga 500 kasus per hari.

“Provinsi dengan kasus Covid-19 tertinggi dan juga memiliki kasus DBD yang tinggi saat ini. Misalnya Jawa Barat, Lampung, NTT, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Sulawesi Selatan,” terang Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam pernyataannya, di BNPB, Jakarta, hari ini Senin (22/06/2020).

Lanjut Nadia, angka kematian akibat DBD itu secara keseluruhan mencapai 346 kasus. Yang mana angka kematian tersebut didominasi oleh ketujuh wilayah dengan kasus Covid-19 dan DBD yang tinggi itu. “DBD ini angka kematiannya mencapai 346 dan gambarannya sama dengan provinsi dengan kasus tertinggi,” ujarnya.

Masih dari keterangannya, kemungkinan terjadinya infeksi ganda akibat Covid-19 dan DBD di tengah masyarakat. “Fenomena ini yang terjadi memungkinkan seseorang jika dia terinfeksi Covid-19 juga bisa terinfeksi DBD. DBD sampai saat ini belum ada obatnya dan vaksinnya juga belum efektif,” tandasnya. (FER).

BERITA TERKAIT