test

News

Sabtu, 5 Oktober 2019 11:11 WIB

Pelajari Atmosfer Bumi, NASA Siap Luncurkan Satelit ICON

Editor: Redaksi

Satelit Ionospheric Connection Explorer. (Foto: Dok Net).

PMJ – NASA menjadwalkan peluncuran satelit Ionospheric Connection Explorer (ICON) pada Rabu (09/10/2019) mendatang waktu setempat dengan roket Northrop Grumman’s Pegasus XL.

Satelit ICON akan digunakan untuk mempelajari zona dinamis tinggi di atmosfer Bumi, dimana cuaca terestrial dari bawah bertemu cuaca ruang angkasa di atas.

ICON dan Pegasus akan terbang dengan pesawat L-1011 Stargazer milik perusahaan dari Stasiun Militer Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida, AS untuk membuka jendela peluncuran selama 90 menit pada pukul 21.25 malam.

 Satelit Ionospheric Connection Explorer. (Foto: Dok Net).
Satelit Ionospheric Connection Explorer. (Foto: Dok Net).

Satelit tersebut diharapkan dapat mengumpulkan data dan pengetahuan baru dari atmosfer bumi yang penuh dengan ionosfer, atau bagian atmosfer yang terionisasi oleh radiasi matahari.

“Ionosfer dapat menjadi sumber keindahan yang hebat, tetapi juga dapat mengganggu komunikasi radio dan satelit, serta kesehatan astronot,” kata NASA di dalam pernyataannya.

“ICON akan membantu menentukan fisika lingkungan ruang kita dan membuka jalan untuk mengurangi dampaknya pada teknologi, sistem komunikasi, dan masyarakat kita,” lanjut NASA di situs resminya. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT