test

News

Rabu, 23 Oktober 2019 08:08 WIB

Intip Ujicoba Robot Penjelajah Mars 2020

Editor: Redaksi

PMJ – NASA baru saja membuka penutup dari robot penjelajah Mars 2020 Rover untuk persiapan pengujian di Laboratori Jet Propulsion (JPL) California, Amerika Serikat.

"Penjelajah Mars 2020 akan mengumpulkan sampel untuk kembali ke Bumi di masa depan, sehingga harus memenuhi langkah-langkah kebersihan luar biasa untuk menghindari kemungkinan mencemari sampel Mars dengan kontaminan darat," kata Paul Boeder yang merupakan pemimpin kontrol kontaminasi untuk Mars 2020 di JPL.

Robot tersebut terus ditutupi dengan lapisan foil anstistatik untuk menjaga kebersihan ketika perakitan, pengujian, bahkan ketika pemindahan antar-gendung.

Robot penjelajah Mars 2020 Rover. (Foto: Dok Net).

Kebersihan robot tersebut sangat penitng untuk perforamnya, bahkan setelah lapisan dicopot, tim NASA langsung membersihkan dengan teliti menggunakan 70% alkohol isopropil.

Untuk diketahui, Mars 2020 Rover tersebut akan diterbangkan pada tahun 2020 ke Planet Mars oleh NASA, di mana peluncuran akan dilakukan dengan roket United Launch Alliance Atlas V, dan dijadwalkan pada Juli 2020 di Space Launch Complex 41, Cape Canaveral.

Robot tersebut memiliki tugas untuk mempelajari semua lingkungan Planet Mars dari cuaca hingga kondisi tanahnya demi misi untuk pertama kali mengirimkan astoronot ke Planet Merah tersebut pada tahun 2024 mendatang. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT