test

News

Rabu, 13 November 2019 06:06 WIB

Peristiwa Langka, Ini Foto-foto Menarik Saat Planet Merkurius Melintasi Matahari

Editor: Ferro Maulana

PMJ – NASA telah mengabadikan foto-foto ketika Planet Merkurius melintasi Matahari atau Transit Merkurius yang terlihat dari Bumi, Senin (11/11/2019) yang merupakan peristiwa sangat langka di abad 21 ini.

Planet terdekat dengan Matahari di Tata Surya kita, Merkurius terlihat melintasi bintang raksasa, di mana beberapa bagian dari Bumi seperti Amerika Serikat dapat langsung menontonnya.

"Transit adalah demonstrasi nyata tentang bagaimana Planet bergerak mengelilingi Matahari dan setiap orang yang memiliki akses ke peralatan yang tepat dapat melihatnya," demikian kata Profesor Mike Cruise, President Royal Astronomical Society.

Dibandingkan dengan Matahari, Planet abu-abu tersebut terlihat seperti titik hitam yang sangat kecil dari Bumi, dan hanya dapat terlihat menggunakan teropong atau teleskop yang memiliki filter cahaya Matahari.

Foto-foto ketika Planet Merkurius melintasi Matahari atau Transit Merkurius. (Foto: Dok Net)

Transit ini berlangsung sekitar 5,5 jam dimana para pecinta astronomi yang ketinggalan pun baru akan menonton hal yang sama di Indonesia pada tahun 2032 nanti, sedangkan AS akan baru melihatnya lagi pada tahun 2049.

“Kejadian ini disebut transit, dan #TransitofMercury berikutnya yang terlihat di AS tidak akan sampai tahun 2049,” tulis NASA Solar System di Twitternya. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT