test

News

Selasa, 10 Desember 2019 19:00 WIB

Sinergi Penanggulangan Bencana Banjir di Jakarta Utara

Editor: Ferro Maulana

Apel Tiga Pilar kesiapsiagaan bencana tingkat kecamatan Penjaringan. (Foto: PMJ News).

PMJ - Dalam rangka membangun sinergitas serta mengkonsolidasikan satuan pelaksana penanggulangan bencana, khususnya banjir di wilayah Jakarta Utara, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Dr. Reynold E.P Hutagalung, S.E.,S.I.K.,M.Si.,M.H. melalui Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa Kompol Armayni, S.H.,M.H. menghadiri apel Tiga Pilar kesiapsiagaan bencana tingkat kecamatan penjaringan, Jakarta Utara Tahun 2019, bertempat di Taman Waduk Pluit, Selasa (10/12/2019).

Dalam Apel Tiga Pilar kesiapsiagaan bencana tersebut, Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa Kompol Armayni mengharapkan seluruh satuan pelaksana mempunyai langkah yang sama dan selalu terkoordinir dengan baik dalam pelaksanaan tugas di lapangan nanti.

“Kita menyadari bahwa bencana alam tidak dapat dicegah, tetapi kita sebagai manusia yang dikaruniai pikiran yang sehat, tentu harus berupaya bagaimana caranya meminimalisir dampak yang akan terjadi,” tuturnya menambahkan.

Apel Tiga Pilar kesiapsiagaan bencana tingkat kecamatan Penjaringan. (Foto: PMJ News).

Selain itu, diharapkan keberadaan seluruh instansi terkait yang ikut apel ini harus dirasakan manfaatnya oleh warga yang membutuhkan ketika terjadi musibah. Sehingga, petugas mampu menolong masyarakat yang membutuhkan seperti mengevakuasi.

“Petugas juga diharapkan mampu memberi imbauan, penerangan, dan atau peringatan kepada masyarakat agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada saat terjadi bencana banjir, seperti terperosok, tersengat listrik, tenggelam, dan lain-lain,” terang Kapolsek Kompol Armayni kepada PMJ News melalui keterangan tertulisnya.

Dalam kesempatan tersebut, Apel Kesiapsiagaan Bencana dipimpin oleh Camat Penjaringan Bapak Andri. Dalam Apel tersebut Camat menghimbau agar seluruh elemen harus siap siaga apabila terjadi bencana di Wilayah Penjaringan dengan didukung oleh TNI dan Polri dalam keamanan pengamanan bencana.

“Kecamatan Penjaringan mempunyai Jargon Penjaringan Tangguh yang dimana Instansi dan Stakeholder terkait di Wilayah Kecamatan Penjaringan harus tangguh dalam kesiapsiagaan bencana apapun,” imbuh Camat. Selanjutnya, Apel kesiapsiagaan Bencana diakhiri dengan pengecekan Kendaraan dan Alat untuk menghadapi bencana.

Sekedar informasi, turut hadir dalam apel Kesiapsiagaan Bencana tersebut di antaranya Koramil Penjaringan; Polsek Penjaringan; Polsek Kawasan Sunda Kelapa; Damkar Kecamatan Penjaringan, PPSU Kecamatan Penjaringan; KSB (Kampung Siaga Bencana) DKI Jakarta; Satpol PP Kecamatan Penjaringan; FKDM Kecamatan Penjaringan; Sudin Bina Marga Jakarta Utara; Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara; Sudin Sumber Daya Air Jakarta Utara; UPK Badan Air Kecamatan Penjaringan; Sudin Kehutanan Jakarta Utara; Pokdarkamtibmas Polsek Penjaringan, dan Tagana Kecamatan Penjaringan. (FER).

BERITA TERKAIT