test

News

Senin, 6 Januari 2020 13:19 WIB

China Berani Klaim, Ini Sumber Daya Alam Luar Biasa di Natuna

Editor: Fitriawan Ginting

Perairan Natuna yang diklaim China. (Foto ;PMJ/Dok KKP).

PMJ- Perairan Natuna ramai diperbincangkan publik. Perbincangan muncul akibat China yang tiba-tiba mengklaim kalau perairan tersebut adalah miliknya. Padahal selama ini diketahui, peraiaran Natuna seutuhnya berada di wilayah Indonesia. Peraiaran tersebut berada di daerah yang menjadi bagian dari Kepulauan Riau (Kepri).

Disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD, bahwa China sama sekali tak punya ha katas perairan tersebut. Selama ini batasan dan wilayah hukumnya sudah jelas berada di NKRI.

"Kalau secara hukum, China tidak punya hak untuk mengklaim. Itu karena Indonesia tidak punya konflik perairan (dengan China), tumpang tindih perairan, Indonesia tidak punya," tegas Mahfud MD di kantornya, kawasan Medan Merdeka.

Natuna diklaim China bukan tanpa alasan. Pulau ini memiliki banyak sumber daya alam (SDA) yang melimpah, khususnya di sektor energi. Proyek yang tengah dikembangkan yaitu Blok East Natuna yang memiliki kandungan minyak dan gas. Cadangan gas di Natuna memang disebut sebagai yang terbesar di Indonesia yaitu sebesar 46,96 TSCF. Saat ini produksi gas di wilayah tersebut baru mencapai 489 MMSCFD.

Untuk minyak sendiri, Indonesia memiliki cadangan minyak di Natuna diperkirakan mencapai 36 juta barel dengan produksi saat ini sebesar 25 ribu barel per hari. Natuna juga memiliki sumber daya perikanan yang besar. Natuna tercatat memiliki produksi perikanan hingga 88 ribu ton. Namun, angka tersebut masih terbilang kecil dibandingkan potensi perikanan Natuna yang diperkirakan mencapai 1 juta ton per tahun.

Dari sisi pertanian, Natuna menjadi penghasil komoditas pertanian penting seperti beras, jagung, kedelai, cabai rawit, karet, kelapa, cengkeh, kacang tanah dan lain-lain. Natuna juga memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan. Sebagai wilayah kepulauan, Natuna juga diketahi memiliki wisata yang potensial. Terdapat 130 objek wisata yang indah dan menjadi kunjungan favorit wisatawan mancanegara dan lokal. (Gtg-03).

BERITA TERKAIT