test

News

Selasa, 7 Januari 2020 06:06 WIB

Begini Langkah Nyata Polisi Dalam Mencegah Memburuknya Lingkungan

Editor: Ferro Maulana

Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok menggelar kegiatan penghijauan. (Foto: PMJ News).

PMJ - Pelestarian lingkungan hidup perkotaan Lahan hijau semakin sulit ditemukan, apalagi di kota-kota besar. Hampir sebagian besar lahan telah beralih fungsi menjadi bangunan-bangunan yang menjulang tinggi. Seperti halnya Jakarta. Jakarta merupakan basis Ibukota pemerintahan. Di daerah perkotaan kita akan jarang menjumpai tanah lapang dengan pohon-pohon yang tinggi.

Tidak heran pencemaran udara menjadi masalah utamanya. Di Perkotaan polusi udara merajalela disebabkan banyak pabrik yang beroperasi serta kendaraan yang pastinya begitu padat. Selain itu, disebabkan kurangnya pepohonan hijau yang dapat mengikat gas polutan seperti karbondioksida. Gas karbondioksida yang terlepas ke udara akan mencemari udara.

Menyikapi hal tersebut, dalam rangka mendukung program Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. yakni “Program Polri Peduli Penghijauan”, Polres Pelabuhan Tanjung Priok menggelar kegiatan penghijauan di lapangan parkir dan taman Lalu lintas Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (06/01/2020).

Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok menggelar kegiatan penghijauan. (Foto: PMJ News).

Dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Dr. Reynold E.P Hutagalung, S.E., S.I.K., M.Si., M.H., dengan jenis pohon yang ditanam sebanyak 10 (sepuluh) Pohon Ketapang Kencana.

Kepada PMJ News, Kapolres Pelabuhan, juga mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menciptakan ruang hijau. Dengan menanam pepohonan dan aneka bunga yang indah dan membangun taman ramah lingkungan di Polres Pelabuhan Tanjung Priok semoga saja membawa angin segar untuk masa depan yang lebih baik, tuturnya.

Lanjut Reynold, pemanasan global tidak lagi menjadi isu belaka, melainkan telah ada fakta yang nyata, dibuktikan dengan pergantian musim antara kemarau dan penghujan sulit diprediksi. Tindakan nyata Polres Pelabuhan Tanjung Priok yang dapat dilakukan untuk mencegah semakin memburuknya lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan.

Keterbatasan lahan tidak menjadi alasan untuk Polres Pelabuhan Tanjung Priok melakukan penghijauan karena keberadaan tumbuhan sangatlah penting sebagai tempat resapan air.

“Maka dari itu tetap lakukan penghijauan walaupun lahan yang ada sempit dan terbatas. Dan manusia yang terbaik adalah yang paling banyak manfaatnya. Mari kita berlomba-lomba di dalam kebaikan, untuk menghijaukan bumi ini,” tutur Reynold menambahkan.

Dalam kegiatan penghijauan ini, Kapolres Pelabuhan didampingi oleh Wakapolres Kompol Bobby Kusumawardhana, S.H., S.I.K., M.Si., PJU Polres Pelabuhan Tanjung Priok, personil Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan masyarakat Pelabuhan Tanjung Priok. (FER).

BERITA TERKAIT