test

News

Minggu, 26 Januari 2020 08:08 WIB

Produksi dan Penjualan Mobil Elektrik Semakin Meningkat di Wilayah Eropa

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Mobil “ Elekrtik” tersaji untuk para konsumen di seluruh negara Eropa yang diperkirakan akan melambung pada tahun 2021 mendatang. Dengan tiga kali lipat model produksi untuk beberapa tahun ke depan.

Dari data Federasi Eropa untuk Transportasi dan Lingkungan (T&E) menyebutkan, model mobil lisrik akan tumbuh dari 98 menjadi 214 pada akhir 2021. T&E menjelaskan, produsen akan membawa total 92 mobil listrik penuh dan 119 model” hybrid” plug-in ke pasar mobil selama dua tahun ke depan.

“Ini merupakan momen penting bagi industri otomotif Eropa, pembuat mobil menginvestasikan 145 miliar euro dalam elektrifikasi, dan produsen baterai akhirnya datang ke Eropa. Berhasil di bidang ini, adalah prioritas utama industri Uni Eropa,” jelas Lucien Mathieu selaku Analis Transportasi dan E- Mobilitas di T&E.

Data penjualan mobil di kawasan Eropa. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

Lanjutnya, perlu ada sinyal yang jelas kepada industri bahwa tidak ada jalan keluar untuk menyetujui penghetian penjualan bensin dan mengehentikan produksi mobil diesel di kota-kota, di tingkat nasional dan Uni Eropa (UE), yang mana nantinya usia mesin bahan bakar akan segera berakhir .

Penjualan mobil listrik semakin meningkat pada tahun 2019, yang mana data Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT), mengungkapkan kenaikan 144 persen sepenuhnya dalam penjualan kendaraan listrik.

Meski begitu, mobil listrik hanya berada di bawah dua persen dari pasar mobil Inggris karena hanya di bawah 37.000 model listrik yang terjual tahun lalu. Dibandingkan dengan penjualan tahun 2019 yang hampir mencapai 1,5 juta untuk model bahan bakar bensin dan lebih dari 500.000 mobil diesel sebagai model tradisonal masih mendominasi pola pikir dan dompet pembeli. (IZA/ FER).

BERITA TERKAIT