test

News

Sabtu, 9 Mei 2020 12:30 WIB

4 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Editor: Hadi Ismanto

Perbanyak sedekah (Foto: Ilustrasi/PMJ News)

PMJ - Segala amalan baik di bulan suci Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, temasuk bersedekah. Pasalnya, ibadah yang satu ini berorientasi sosial, membawakan kebaikan dan manfaat kepada sesama manusia.

Banyak yang mempercayai sedekah juga dapat menjadi sumber kekayaan, maka banyak-banyaklah bersedekah di saat kamu memiliki harta lebih maupun saat tengah kekurangan.

Khusus di bulan Ramadhan, beberapa sedekah yang bisa kamu lakukan seperti memberi makan orang puasa, sedekah kepada anak yatim dan fakir miskin, dan masyarakat lain yang membutuhkan. Terlebih lagi di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/5/2020), berikut sejumlah keutamaan sedekah yang dilakukan di bulan suci Ramadhan.

1.  Pahalanya akan dilipatgandakan

Bersedekah yang dilakukan saat bulan Ramadhan akan menambah pahala yang dilipatgandakan. Selain itu, sedekah saat bulan ramadhan bisa menyempurnakan ibadah kita. Terpenting saat bersedekah diiringi dengan niatnya mencari keridhoan-Nya.

Allah Ta’ala berfirman: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

2. Menahan diri dari membelanjakan harta yang mubazir

Sedekah adalah salah satu kontrol diri kita agar membelanjakan harta secara cermat dan cerdas. Di bulan Ramadhan, walaupun berpuasa biasanya kebutuhan berbelanja menjadi berkali kali lipat yang membuat kita juga harus keluar kocek lebih.

Dengah adanya sedekah adalah menahan diri kita agar tidak banyak berbelanja hanya untuk kepentingan diri kita sendiri, melainkan ada kepekaan sosial terhadap saudara lainnya yang membutuhkan uluran tangan.

3. Sedekah memberi keberkahan pada harta.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Dalam Syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan: “Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup 2 hal: Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indera dan kebiasaan. Kedua, jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya.”

4. Orang yang bersedekah merasakan kelapangan hati

Hal ini tentu pernah kita buktikan sendiri bukan? Ada rasa senang, bangga, dada yang lapang setelah kita memberikan sedekah kepada orang lain yang membutuhkan.

BERITA TERKAIT