test

News

Senin, 11 Mei 2020 15:02 WIB

Cegah COVID-19, WNI dari Luar Negeri Akan Jalani Isolasi di Asrama Haji

Editor: Fitriawan Ginting

Asrama Haji Pondok Gede siapkan ruang isolasi bagi PDP COVID-19 (Foto: Dok Net)

PMJ- Pemerintah menyiapkan Asrama Haji Pondok Gede, Bekasi sebagai lokasi isolasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari luar negeri di tengah Pandemi COVID-19. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Ia mengatakan, Asrama Haji itu menjadi tempat untuk para pekerja migran Indonesia, pelajar, dan jemaah tabligh akbar yang pulang ke Tanah Air untuk menjalani isolasi diri sementara waktu.

"Presiden sudah menyetujui asrama haji, seluruh ABK, pelajar, jemaah tabligh kembali ke Tanah Air ditampung di satu kawasan sehingga memudahkan pengawasan dan kontrol," kata Doni dalam video conference usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (11/5/2020).

Dikatakan oleh Doni, para anak buah kapal (ABK) yang pulang ke Indonesia ini diisolasi di sebuah hotel. Petugas medis mengalami kesulitan untuk mengawasi secara optimal para migran tersebut.

"Dengan izin (Presiden) menggunakan Asrama Haji baik Pondok Gede maupun Bekasi unsur kontrol lebih baik," tandas Doni Monardo.

WNI yang dua kali dinyatakan negative virus Corona setelah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) akan dipulangkan ke daerah masing-masing. Sementara, WNI yang positif usai dites akan dibawa ke RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

"Dan juga yang di Batam, akan dibawa ke Pulau Galang. Sementara di Jawa Timur akan dalam proses menyiapkan ruang isolasi," jelas Doni. (Gtg-03).

BERITA TERKAIT