test

News

Rabu, 20 Mei 2020 10:02 WIB

8 Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Editor: Hadi Ismanto

Keutamaan Malam Lailatul Qadar (Foto: Ilustrasi/PMJ News)

PMJ - Salah satu keistimewaan sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan adalah Malam Lailatul Qadar. Banyak orang berusaha mencari waktunya, tanda-tandanya agar bisa meraih keutamaan malam seribu bulan ini.

Lailatul Qadar merupakan salah satu anugerah Allah Ta'ala untuk umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Kedudukan malam itu semua amal ibadah dilipatgandakan oleh Allah Ta'ala.

Setidaknya ada pendapat yang sangat populer di kalangan ulama yang menyebut lailatul qadar terjadi pada malam 27 Ramadhan.

Karena itu, biasanya di malam ini di berbagai negara Arab masyarakat berbondong-bondong meramaikan masjid untuk melaksanakan sholat tarawih berjamah dengan harapan bisa mendapatkan lailatul qadar.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/5/2020), berikut 9 Keutamaan dan Fadhilah Lailatul Qadar

  1. Allah Ta'ala menurunkan Al-Qur'an di malam Lailatul Qadar. (Baca Juga: Ciri dan Tanda Seseorang Mendapatkan Lailatul Qadar)
  2. Allah Ta'ala melipatgandakan amal ibadah di malam Lailatul Qadar lebih baik daripada 1.000 bulan (83 tahun dan 4 bulan).
  3. Malaikat Jibril 'alaihissalam bersama para Malaikat turun ke bumi. Mereka mengaminkan doa orang-orang berimansejak terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar.
  4. Malam yang penuh dengan keselamatan dan kemuliaan. Allah Ta'ala menetapkan semua kebaikan dan hal-hal yang indah di malam tersebut.
  5. Barang siapa yang tidak mendapat kemuliaan Lailatul Qadar, maka termasuk orang yang merugi tidak mendapat kemuliaan sama sekali.
  6. Diampuni dosa yang telah lalu sebagai sabdaRasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:siapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan itu mencakup dosa besar dan dosa kecil, karunia Allah teramat luas.
  7. Malam tersebut menentukan nasib kita, masa depan yang akan datang.
  8. Lailatul Qadarmerupakan satu malam yang khusus untuk umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Tidak ada satupun ummat yang mendapat kemuliaan Lailatul Qadar selain umat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

BERITA TERKAIT