test

Politik

Jumat, 8 November 2019 17:13 WIB

Mentan dan Menteri PUPR Kerja Sama Membangun Irigasi

Editor: Redaksi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono usai meninjau pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal. (foto: IG @kemenpupr)

PMJ – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membahas pembangunan jaringan irigasi di seluruh Indonesia. Selama ini pembangunan irigasi menjadi tanggungjawab kementerian PUPR dan Kementerian Pertanian serta pemerintah daerah.

"Pertanian itu hanya ada jika irigasi terbenahi dengan baik. Hari ini komitmen yang paling tinggi dari Menteri PUPR yang saya dapatkan adalah beliau akan penuh mensupport saya, mensupport pertanian khususnya pada provinsi-provinsi andalan, unggulan di bidang pangan khususnya untuk mendapat support maksimal dari Menteri PUPR," ungkap Syahrul di Kementerian PUPR, Jumat (8/11/2019).

Ada 15 provinsi yang dijadikan prioritas irigasi hingga tahun 2024 dimana untuk rehabilitasi irigasi sekitar 2,5 juta hektar dan pembangunan irigasi baru sekitar 500 ribu hektar. "Rehabilitasi irigasi 5 tahun ke depan sekitar 2,5 juta hektar. Kemudian untuk pembangunan irigasi barunya itu ada 500 ribu hektar. 5 tahun yang lalu itu juga kita ada pembangunan irigasi 1 juta, rehabilitasi 3 juta," terang Basuki.

Sementara untuk lokasi pembangunan irigasi hingga saat ini masih dilakukan pemetaan embung-embung pertanian mana saja yang memiliki potensi pertanian. Basuki menuturkan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk pembangunan irigasi pertanian.

"Untuk agriculture itu ada syaratnya. Kesesuaian lahan, ada airnya, ada petaninya, iklimnya baik, kurang lebih kriterianya itu. Ini saya kira awal yang baik," ujar Basuki. (BHR)

BERITA TERKAIT