test

News

Jumat, 3 Juli 2020 16:38 WIB

Status Indonesia Naik, Jokowi: Harus Kita Syukuri

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo dalam sebuah kesempatan. (Foto: Dok Net).

PMJ - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku sangat bersyukur status Indonesia naik menjadi upper middle income country atau negara berpendapatan menengah atas. Penilaian tersebut berdasarkan laporan Bank Dunia pada 1 Juli 2020.

"Kemarin, status Indonesia telah naik dari lower middle income country menjadi upper middle income country," jelas Presiden Jokowi dalam pidatonya di acara Peringatan 100 Tahun ITB secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (3/7/2020).

Menurut Jokowi, pendapatan nasional bruto per kapita Indonesia tercatat naik menjadi USD4.050. Sementara saat masih berstatus lower middle income country berada pada angka USD3.840.

"Kenaikan status ini harus kita syukuri dan kita perlakukan sebagai sebuah peluang agar negara kita Indonesia terus maju, melakukan lompatan kemajuan agar kita menjadi negara berpenghasilan tinggi dan berhasil keluar dari middle income trap," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden mengajak keluarga besar Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk juga terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Presiden juga berharap ITB terus menciptakan SDM yang unggul dan andal serta menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi rakyat dan masyarakat.

"Selamat ulang tahun ke-100 ITB, dirgahayu Institut Teknologi Bandung," ujarnya

BERITA TERKAIT