test

News

Sabtu, 18 Juli 2020 09:09 WIB

Lima Langkah dari BI Agar Pemerintah Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional

Editor: Ferro Maulana

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto: Dok Net)

PMJ - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menuturkan terdapat lima langkah agar pemerintah mampu segera mengatasi pandemi Covid-19. Dan, dampaknya terhadap perekonomian khususnya dunia usaha dan sektor keuangan.

Pertama, dalam konteks ini protokol Covid-19 itu harus betul-betul ditaati. Kenormalan baru itu bukan kembali kepada normal yang lama, namun merupakan gaya hidup baru dan pendekatan baru.

Kedua, penyerapan anggaran, sebagai salah satu aspek yang sangat penting di tengah terbatasnya aktivitas ekonomi. Karena itu, Perry menegaskan bahwa realisasi dan efektifitas penyerapan anggaran memang sangat dibutuhkan.

Ketiga, mulai membuka sektor-sektor produktif, namun harus dengan dengan gaya hidup baru (new normal) dan tetap menerapkan protokol Covid-19 secara ketat.

"Apalagi Presiden Jokowi juga telah menggariskan bahwa sembilan sektor akan segera dibuka, termasuk sektor pariwisata," jelas Perry di Jakarta.

Keempat, yaitu restrukturisasi kredit bagi dunia bisnis oleh pihak perbankan. Perry mengaku memiliki data dan laporan sejak Maret-Juni 2020, di mana banyak bank yang sudah betul-betul bekerja keras demi melakukan restrukturisasi kredit tersebut.

Kelima, yaitu digitalisasi sektor ekonomi, khususnya para UMKM, agar dapat semakin berkembang dan menjadi salah satu penopang bagi pertumbuhan ekonomi nasional. (BI/ FER).

BERITA TERKAIT