test

News

Jumat, 31 Juli 2020 17:00 WIB

Ibu Negara Brasil Dinyatakan Positif Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Isteri Presiden Brasil, Michelle Bolsonaro dinyatakan positif virus Corona (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Pasca Presiden Brasil menjalani karantina selama dua minggu, Ibu negara Michelle Bolsonaro dinyatakan positif virus Corona. Pernyataan tersebut dibenarkan pihak pemerintah setempat.

Padahal, lima hari sebelumnya Presiden Jair Bolsonaro menyampaikan bahwa dirinya sudah sembuh dari penyakitnya akibat Covid-19. Ia pun sudah melanjutkan rutinitas kerjanya seperti biasanya.

"(Michelle Bolsonaro yang berusia 38 tahun) dalam kondisi sehat dan akan mengikuti semua protokol yang ada," sebut Kantor kepresidenan Brasil seperti dikutip dari AFP, Jumat (31/7/2020).

"Ibu negara itu dirawat oleh tim medis kepresidenan," sambung pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Michelle Bolsonaro telah mengumumkan pada 11 Juli bahwa dia dan kedua putrinya dinyatakan negatif. Pun demikian dengan suaminya.

Lima menteri Bolsonaro juga dinyatakan positif mengidap COVID-19. Yang terbaru pada hari Kamis adalah Menteri Sains dan Teknologi Marcos Pontes.

Presiden Bolsonaro yang kini berusia 65 tahun sempat menuai kritik atas penanganan pandemi Covid-19. Brasil menjadi negara dengan jumlah infeksi dan kematian tertinggi kedua di dunia, setelah Amerika Serikat.

Bolsonaro yang telah membandingkan virus itu dengan 'sedikit flu' telah berjuang untuk mengakhiri tindakan negara bagian dan lokal yang tinggal di rumah untuk mengatasi pandemi, dengan alasan kejatuhan ekonomi bisa lebih buruk daripada penyakit itu sendiri.

Dia malah mendorong obat Hydroxychloroquine sebagai pengobatan untuk COVID-19, dan meminumnya ketika terinfeksi. Meskipun banyak penelitian menemukan obat itu tidak memiliki manfaat terhadap penyakit akibat Virus SARS-CoV-2.(Hdi)

BERITA TERKAIT