test

Politik

Selasa, 26 November 2019 18:27 WIB

Indikasi Penyelewengan Dana Desa Untuk KKB

Editor: Redaksi

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (Foto : Dok net)

PMJ – Polda Papua menginvestigasi adanya indikasi penyelewengan dana desa yang digunakan untuk kepentingan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengingatkan kepala desa, jika terbukti akan menindak tegas dan diproses secara hukum.

“Indikasi itu kami temukan di lapangan sehingga ke depan para kepala desa atau kampung tidak lagi membantu dengan menggunakan dana desa,” ungkap Irjen Paulus Waterpauw di Jayapura, dikutip dari Antara, Selasa (26/11/2019).

Tegasnya, dana desa dialokasikan pemerintah untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat di desa atau kampung dan tidak tepat bila dana tersebut digunakan membantu KKB apapun alasannya.

Bila hal ini tidak diindahkan maka pihaknya akan menindak tegas sesuai peraturan dan hukum yang berlaku. Namun Waterpauw tidak menyebutkan secara rinci tentang kampung yang menggunakan dana desa untuk kepentingan KKB.

Ketika ditanya mengenai situasi kamtibmas menjelang 1 Desember yang diperingati sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), salah satu organisasi yang berjuang membebaskan Papua dari NKRI, Waterpauw mengatakan situasi Papua dalam keadaan relatif kondusif.

Aparat keamanan masih melakukan cipta kondisi di seluruh wilayah kabupaten/kota termasuk melakukan razia atau sweeping. Selain itu juga rutin dilakukannya pertemuan-pertemuan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat sehingga masyarakat dihimbau tidak terpengaruh oleh isu yang sengaja disebar oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab.

“Mari kita sama-sama menjaga keamanan di Papua agar tetap terjaga,” ungkap Waterpauw. (LEL)

BERITA TERKAIT