test

Politik

Senin, 6 Januari 2020 15:15 WIB

Klaim Sepihak Tiongkok, Presiden Jokowi: Tidak Ada Tawar Menawar Mengenai Kedaulatan

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi. (Foto: Dok Net)

PMJ – Presiden RI Joko Widodo bicara terkait klaim Tiongkok di perairan laut Natuna. Jokowi menegaskan bahwa tidak ada tawar menawar, apalagi menyangkut masalah kedaulatan Indonesia.

"Tidak ada yang namanya tawar menawar mengenai kedaulatan, mengenai teritorial negara kita," tutur Jokowi menegaskan, di Istana Negara Jakarta, Senin (06/01/2020).

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi di depan para menteri Kabinet Indonesia Maju serta pimpinan lembaga tinggi negara. Jokowi pun setuju dengan apa yang disampaikan menterinya terkait klaim sepihak Tiongkok tersebut.

Beberapa hari terakhir, kapal ikan Tiongkok, masuk ke Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan menolak klaim Tiongkok terhadap wilayah Natuna.

"Indonesia tidak pernah akan mengakui nine dash line, klaim sepihak yang dilakukan oleh Tiongkok yang tidak memiliki alasan hukum yang diakui oleh hukum internasional, terutama UNCLOS 1982," tutur Retno Marsudi di Jakarta belum lama ini.

Retno menegaskan, dipastikan bahwa kapal-kapal Tiongkok telah melakukan berbagai pelanggaran di wilayah ZEE Indonesia. Lanjut Retno, ZEE Indonesia sudah ditetapkan oleh hukum internasional, yaitu melalui UNCLOS 1982.

"Tiongkok merupakan salah satu party dari UNCLOS 1982. Oleh karena itu, merupakan kewajiban bagi Tiongkok untuk menghormati implementasi dari UNCLOS 1982," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT