test

Politik

Rabu, 8 Januari 2020 14:55 WIB

Presiden Jokowi: Pastikan Kepulauan Natuna Teritorial NKRI!

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi di Kepuluan Natuna. (Foto: Dok Net(

PMJ - Presiden Joko Widodo menegaskan, wilayah Natuna adalah teritorial NKRI sehingga tidak perlu lagi ada pihak yang meragukannya.

"Hari ini saya ingin memastikan dan memberitahukan bahwa Kepulauan Natuna adalah teritorial kita yang masuk dalam NKRI," ujar Jokowi menegaskan, di Kepri, Rabu (08/01/2020).

Dirinya memaparkan bahwa Natuna sebagai kawasan warga negara Indonesia (WNI) dengan penduduk sekitar kurang lebih 81.000 jiwa.

"Di sini ada Bupati dan Gubernur. Jadi jangan sampai ada yang justru kita sendiri bertanya dan meragukan," tutur Jokowi menambahkan.

Kepala Negara menyebutkan dari dulu sampai sekarang Natuna adalah teritorial Indonesia. Juga masuk dalam salah satu dari 514 kabupaten/kota di Tanah Air.

"Apalagi yang harus dipertanyakan nggak ada. Dan namanya kedaulatan tidak ada tawar menawar untuk kedaulatan kita," katanya lagi.

Jokowi kembali menegaskan sampai saat ini tidak ada kapal negara asing yang masuk ke wilayah teritorial RI, yang ada hanya masuk ke ZEE.

"Saya tanyakan ke Panglima TNI ada kapal yang masuk ke wilayah teritorial Indonesia, katanya nggak ada," tambahnya.

"Itu (ZEE) semua kapal bisa lewat, tapi hati-hati kalau dia mencuri ikan baru itu diusir atau ditangkap. Tapi itu tidak masuk dalam teritorial Indonesia," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT