test

News

Sabtu, 22 Agustus 2020 22:00 WIB

Pemkot Depok Bangun Perkampungan Betawi

Editor: Hadi Ismanto

Raumah Betawi yang sangat ikonik (Foto: Dok Net)

PMJ - Pemkot Depok membangun Kampung Budaya Betawi Depok. Perkampungan ini berada di Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Peletakan batu pertama pembangunan Kampung Budaya Betawi Depok ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Menurut dia, pembangunan tersebut untuk mewujudkan keinginan warga.

"Budaya lokal harus dipertahankan dan ditonjolkan, makanya dalam sebuah proses asimilisasi atau percampuran budaya bakal ada sebuah persaingan," ungkap Wali Kota Idris.

Menurut Idris, peran organisasi paguyuban Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) harus dapat meningkatkan persaingan ini sehingga ketika terjadi asimilasi tidak dominan namun Budaya Betawi tetap ada.

"Depok juga dikenal sebagai Betawi Ora. Ketika Depok ingin dijadikan kota yang berbudaya, banyak tarian budaya. Sekali lagi, dalam proses asimilasi budaya jangan sampai yang namanya budaya lokal keasliannya hilang," tuturnya.

Sebagai informasi, Kampung Budaya Betawi Depok dibangun di atas lahan seluas 1.300 meter, yang merupakan fasos fasum dari Perumahan Sawangan Elok.(Hdi)

BERITA TERKAIT