test

News

Sabtu, 12 September 2020 10:25 WIB

H-2 PSBB Total di DKI, Kemacetan Panjang Terjadi di Kawasan Puncak

Editor: Ferro Maulana

Arus lalin menuju Puncak Bogor terpantau macet parah. (Foto: PMJ/ Dok Net).

PMJ - Arus lalu lintas menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (12/9/2020) pagi ini cukup mengalami kepadatan jelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total Jakarta sebagai langkah kebijakan rem darurat (emergency brake policy) dalam menekan penularan Covid-19.

Akibat kemacetan panjang ini, Polres Kabupaten Bogor memberlakukan sistem oneway dari arah Jakarta menuju Puncak.

Sampai pukul 10.00 WIB arus kendaraan di Pospol Simpang Gadog cukup padat. Sementara, kendaraan dari arah Jakarta yang keluar dari Gerbang Tol Ciawi menuju Puncak nampak mengular.

Kondisi yang sama juga terlihat arus kendaraan dari arah Simpang Ciawi yang menuju kawasan Puncak. Kendaraan yang melintas saat ini masih didominasi oleh mobil pribadi dengan plat asal Jakarta (plat nopol B).

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy menerangkan, kondisi arus lalin saat ini masih tergolong normal untuk akhir pekan. Belum terlihat lonjakan kendaraan yang signifikan dari Jakarta menuju Puncak.

"Pagi ini belum ya terlalu ada lonjakan ya," ungkap Roland, di lokasi.

Namun demikian, pihaknya tetap menerapkan oneway menuju Puncak mulai pukul 08.00 WIB tadi. Nantinya, juga akan ada operasi lonjakan pengunjung di tempat-tempat wisata dan restoran di wilayah Puncak.

"Nanti kita ada tim, untuk melihat kondisi di Puncak. Kalau tempat-tempat di sana sudah melebihi kapasitas 50 persen. Kita lakukan pengalihan arus atau pembatasan sesuai Perbup No 60," pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemkab Bogor memperpanjang masa PSBB Pra Adaptasi hingga 29 September 2020. Dalam aturan itu, terdapat beberapa poin pengetatan salah satunya pembatasan wisatawan di kawasan Puncak sebesar 50 persen untuk akhir pekan. (Fer).

BERITA TERKAIT