test

News

Kamis, 19 November 2020 11:45 WIB

Terlibat Kerumunan, Mendagri Tegur 83 Kepala Daerah

Editor: Fitriawan Ginting

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian (Foto: Istimewa)

PMJ- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melayangkan teguran tertulis kepada kepala daerah yang terlibat dalam kerumunan terkait rangkaian Pilkada 2020.

“Ada 83 kepala daerah yang sudah kita berikan teguran secara tertulis ya,” ujar Tito dalam keterangannya, pada Kamis (19/11/2020).

Tito juga menuturkan hingga saat ini pelaksanaan Pilkada berjalan dengan lancar, baik dari sisi data pemilih, ataupun tahapan lainnya seperti vertifikasi. Tahapan itu juga tidak menutup kemungkinan adanya penyebaran, akan tetapi proses itu berjalan dengan lancar.

Mendagri dan jajarannya terus mengantisipasi timbulnya kerumunan dengan bantuan TNI – Polri dan Satgas Covid-19 yang melakukan monitoring setiap saat. Dari hasil monitoring itu akan terlihat pelanggaran apa saja.

"Ini mekanisme kontrol, pengawasan tahapan-tahapan Pilkada. Di samping itu dari awal kita meminta KPU untuk memasukkan tema sentral, yaitu adalah tema mengenai peran kepala daerah dalam penanganan Covid-19 dan dampak sosial ekonomi daerah masing-masing," katanya.

Dia juga mengimbau dan meminta agar bahan kampanye utama para calon kepala daerah itu adalah alat pelindung diri. Itu mesti menjadi salah satu bahan kampanye utama. Misalnya masker, hand sanitizer dan tempat cuci tangan yang ditaruh di ruang-ruang publik dengan gambar atau logo pasangan calon.(Fjr/Gtg-03)

BERITA TERKAIT