test

Kesehatan

Rabu, 30 September 2020 10:02 WIB

Riset: Batang Nanas Berpotensi Jadi Obat Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Batang Nanas bisa dijadikan obat untuk mengobati Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Para ilmuwan terus mengembangkan penelitian untuk menemukan obat alami Covid-19. Salah satunya dari batang buah nanas, yang dapat mengobati seseorang yang terinfeksi virus tersebut.

Seperti dilansir laman Guardian, Rabu (30/9/2020), hasil penelitian terbaru dari Amerika Serikat menyebut batang nanas kaya bromelain (Ananas comosus) yang dapat digunakan sebagai agen antivirus melawan Covid-19, serta mengantisipasinya di masa depan.

Dalam sebuah penelitian bertajuk “Bromelain Menghambat Infeksi SARS-CoV-2 pada Sel VeroE6” yang dipublikasikan pada 17 September 2020 di jurnal bioRxiv, menyebutkan vitamin C yang ada dalam buah nanas terdapat kandungan bromelain yang dapat menangkal virus.

"Buah ini kaya akan vitamin C, asam askorbat hadir pada 24,4 hingga 96,3 mg persen: ada di daun muda segar juga pada 29,4 mg persen," ungkap penelitian tersebut.

Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan, bahwa bromelain dapat digunakan untuk mengobati pasien yang mengalami peradangan dan nyeri.

Senyawa tersebut terserap dengan baik dan dengan aktivitas biologis yang berkepanjangan. Semua keuntungan ini dapat dimanfaatkan saat merawat pasien Covid-19.

Selain itu. Ilmuwan juga mengungkapkan jus nanas mengandung beberapa bahan aktif yang dapat menggugurkan sesuatu. Misalnya kepada seorang wanita hamil, nanas dapat menghasilkan efek kontraktil rahim dan dapat menyebabkan keguguran.(Hdi)

BERITA TERKAIT