Kesehatan

Kamis, 8 Oktober 2020 10:10 WIB

5 Hal Ini Bisa Menunjang Proses Pemulihan Pasien Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Jumlah pasien Covid-19 sembuh meningkat signifikan. (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Fif).

PMJ - Proses pemulihan pasien Covid-19 membutuhkan waktu yang berbeda dari tiap kondisi untuk bisa kembali sehat. Untuk gejala ringan biasanya membutuhkan waktu sekitar dua pekan, sedangkan untuk gejala berat butuh waktu hingga enam pekan,

Seperti dilansir laman Health24, Kamis (8/10/2020), seorang ahli penyakit pernapasan dari UNSW Medicine, Profesor Christine Jenkins menyebut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menunjang proses pemulihan pasien.

1. Istirahat

Penting bagi pasien untuk mengoptimalkan istirahat selama masa pemulihan. Pasien yang tidak dirawat di rumah sakit dan menjalani proses pemulihan di rumah bisa menyiapkan tempat tidur senyaman mungkin.

2. Jaga hidrasi

Seperti penyakit lain, pasien Covid-19 juga bisa mengalami dehidrasi dengan cepat. Atur jadwal minum sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hindari asupan kafein dan alkohol karena kedua hal ini dapat memicu dehidrasi.

3. Konsumsi makanan sehat

Asupan makan yang baik dapat membantu mempercepat proses pemulihan. Makanan seperti sup misalnya, tak hanya membantu merehidrasi tubuh, mudah dicerna, tetapi juga kaya akan nutrisi. Sup ayam juga dapat membantu meredakan inflamasi.

Pasien juga dianjurkan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C dan zat gizi lain. Beberapa di antaranya bawang putih, jahe, sayuran berdaun hijau, yoghurt, dan pisang.

4. Perhatikan kesehatan mental

Jatuh sakit dapat membuat pasien merasa stres. Penting bagi pasien utnuk tidak menyalahkan diri sendiri ketika terdiagnosis Covid-19 dan segera cari dukungan dari orang-orang terdekat, tentu dengan tetap menekankan protokol kesehatan.

Fokuskan diri pada hal-hal yang bisa merelaksasi tubuh, seperti melakukan peregangan, meditasi, membaca, dan hal lain. Kondisi kesehatan mental yang baik dapat membantu mempercepat proses pemulihan.

5. Komunikasi dengan dokter

Penting untuk mematuhi berbagai anjuran yang diberikan dokter. Bila tidak menjalani proses pemulihan di rumah sakit, upayakan untuk memberikan informasi tentang perkembangan kondisi diri kepada dokter.(Hdi)

BERITA TERKAIT