test

News

Senin, 9 September 2024 13:01 WIB

Ingat! Besok Hari Terakhir Pendaftaran Seleksi Calon PNS

Editor: Fitriawan Ginting

Pemerintah membuka pendaftaran rekrutmen CPNS. (Foto: PMJ).
Pemerintah membuka pendaftaran rekrutmen CPNS. (Foto: PMJ).

PMJ NEWS - Besok, menjadi hari terakhir pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri telah memperpanjang masa pendaftarannya melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Layanan e-meterai yang sempat bermasalah sehingga pendaftaran CPNS diperpanjang, sudah berjalan normal.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan penyesuaian jadwal pendaftaran ini bertujuan mengakomodasi pelamar yang belum berhasil menyelesaikan tahapan pendaftaran di portal.

"Kendala teknis, seperti pembelian dan pemanfaatan meterai elektronik (e-meterai) yang mengalami gangguan sehingga menghambat penyelesaian pendaftaran di portal. Hal menjadi faktor utama penyesuaian jadwal," kata Suharmen dilansir Antara, Senin (9/9/2024).

Selain itu, optimalisasi pengisian formasi CPNS juga menjadi pertimbangan penyesuaian jadwal pendaftaran. Pada tahun ini, tersedia 250.407 formasi bagi 69 instansi pusat dan 478 instansi daerah. Pemerintah lewat panitia seleksi nasional (panselnas) ingin memberi kesempatan kepada masyarakat untuk dapat berkompetisi menjadi CPNS tahun ini.

BKN juga membuka opsi penggunaan meterai tempel sebagai ketentuan pendaftaran, di samping menggunakan e-meterai.

Sementara Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi menjamin layanan meterai elektronik sudah kembali berjalan dengan normal, baik dalam mengakses laman web, proses pembelian kuota e-meterai, hingga proses pembubuhan e-meterai pada dokumen elektronik yang dipersyaratkan dalam pendaftaran CASN 2024. "Dokumen yang telah dibubuhkan e-meterai dalam web dapat diunduh kapan pun tanpa adanya batasan waktu," kata dia.

Dengan waktu yang semakin mendekati batas akhir pendaftaran, masyarakat dapat memanfaatkan untuk menyelesaikan proses administrasi pendaftaran CASN 2024 melalui layanan e-meterai.

Dari Peruri menunjukkan minat terhadap penggunaan e-meterai cukup tinggi dengan pembubuhan terbanyak sejak awal masa pendaftaran 20 Agustus 2024, tercatat pada 6-7 September 2024 mencapai 1 juta pembubuhan e-meterai per harinya.

BERITA TERKAIT